Bank Mandiri Catatkan Penyaluran KUR Rp19,68 Triliun di Semester I 2021, Dinikmati 200 RIbuan Debitur
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk melaporkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah mencapai Rp19,68 triliun pada semester I 2021. Jumlah tersebut disebar kepada 200.339 debitur perseroan dengan berbagai sektor ekonomi.

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus Koernianto Triprakoso mengatakan untuk sisa tahun ini atau paruh kedua 2021, perseroan akan fokus pada penyaluran KUR sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

"Menurut pemantauan kami, sektor-sektor tersebut masih memiliki potensi yang relatif besar karena menunjang ketahanan pangan dalam negeri. Selain itu, prospek sektor-sektor tersebut masih baik dikarenakan tidak terdampak pandemi COVID-19 secara signifikan," ujarnya seperti yang dilansir laman resmi, Jumat, 23 Juli.

Josephus menambahkan, KUR ke sektor produktif akan terus ditingkatkan mengingat sektor ini menjadi tumpuan hidup sebagian besar masyarakat Indonesia, sekaligus menjadi salah satu roda penggerak perekonomian nasional.

Lebih lanjut, dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi pada sektor UMKM, Bank Mandiri juga melakukan program restrukturisasi bagi debitur KUR yang terdampak pandemi Covid-19 berupa penundaan pembayaran pokok dan bunga.

"Kami berharap upaya ini dapat menjadi katalis untuk membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional khususnya pada sektor UMKM. " tuturnya.

Sebagai informasi, bank pelat merah dengan kode saham BMRI itu sukses memberikan KUR kecil sebesar Rp16,01 triliun serta KUR mikro senilai Rp3,63 triliun.

Dari nilai penyaluran itu, sebanyak 58,03 persen atau setara dengan Rp11,42 triliun telah disalurkan ke sektor produksi yang meliputi sub-sektor pertanian, perikanan, industri pengolahan, jasa produksi dan turunannya.

Adapun, kualitas portofolio KUR Bank Mandiri yang mampu terjaga baik dengan total non-performing loan (NPL) di posisi 0,45 persen per 30 Juni 2021.

"Kami optimis akan mampu mendorong penyaluran KUR lewat potensi yang ada dan dapat mencapai target KUR yang diamanatkan oleh pemerintah,” tegas dia.

Bahkan, Bank Mandiri dikabarkan telah mendapat persetujuan pemerintah terkait penambahan alokasi KUR untuk diberikan pada masyarakat pada sepanjang tahun ini Josephus.

“Perlu kami informasikan bahwa permintaan penambahan kuota KUR kami disetujui oleh pemerintah di 2021 yang sebelumnya sebesar Rp31 triliun dan diberikan tambahan sebesar Rp4 triliun lagi, sehingga kuota KUR Bank Mandiri di 2021 menjadi Rp 35 triliun" tutup Josephus.