Doni Monardo Sebut Pulau Jawa Bersiap Kedatangan 440.000 Pemudik Arus Balik
Pelabuhan Bakauheni (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo memperkirakan sekitar 440.000 pemudik akan melakukan arus balik ke pulau Jawa dalam waktu dekat. Jumlah tersebut merujuk pada data yang dilansir oleh otoritas Pelabuhan Bakauheni.

“Kami memperoleh data dari ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan) serta pihak Pelabuhan Bakauheni bahwa ada 440.014 orang yang menyeberang dari Merak ke Sumatera pada periode Lebaran kali ini. Merujuk hal tersebut, diprediksi bahwa angka ini mungkin akan kembali pada waktu yang bersamaan dan relatif bersamaan,” ujarnya dalam acara talkshow virtual, Sabtu, 15 Mei.

Doni menambahkan, guna memperlancar mobilitas tersebut, pihaknya menginstruksikan kepada pemangku kepentingan terkait agar memaksimalkan seluruh infrastruktur yang tersedia.

“Semua langkah antisipatif sudah kami upayakan untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada, termasuk petugas swab di yang berasal dari daerah setempat maupun pemerintah pusat,” tuturnya.

Dalam catatannya, terdapat 7 dermaga yang beroperasi penuh dengan 69 armada ferry yang disiagakan.

“Termasuk logistik untuk keperluan medis dan rapid test sudah kami siapkan,” kata dia.

Terbaru, Doni menyebut telah mendatangkan 200.000 rapid test antigen ke provinsi Lampung guna mendukung kelancaran arus balik sekaligus antisipasi penyebaran COVID-19.

Dalam kesempatan tersebut, purnawirawan TNI itu juga mengingatkan pembukaan tempat wisata pada  libur lebaran tahun ini tidak boleh melebihi 50 persen dari kapasitas maksimal.

Jika hal itu tidak bisa dipenuhi oleh pihak pengelola, maka Doni menyarankan untuk meniadakan aktivitas operasional guna mencegah klaster baru penyebaran pandemi.

“Jika dinilai membahayakan masyarakat maka sebaiknya ditutup saja,” tegasnya.