Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Anggito Abimanyu mengungkapkan kendaraan yang akan digunakan seluruh jajaran menteri Kabinet Merah Putih dan eselon 1 memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 70 persen.

“Nanti kalau Anda lihat, Maung kemarin Profesor Sigit dari ITB, yang dia Direktur Utama Pindad, dia menyampaikan dan merancang mobil Indonesia. 70 persen itu dari produk dalam negeri,” ujar Anggito dalam acara Dies Natalis ke-15 & Lustrum III Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) 2024 secara virtual, Senin, 28 Oktober.

Anggito menambahkan, seluruh jajaran Kabinet Merah Putih dan eselon 1 akan menggunakan mobil buatan dalam negeri dan dilarang menggunakan mobil impor sebagai kendaraan dinas sesuai dengan arahan Presiden Prabowo Subianto.

“Minggu depan saya akan pakai mobil yang Maung, mobilnya Pindad itu karena Pak Prabowo sudah bilang, minggu depan tidak ada lagi barang impor untuk mobil Eselon 1 sama Menteri,” tuturnya.

Meski demikian, Anggito tidak berbicara lebih detail terkait arahan tersebut dan meminta hadirin untuk tidak heran atas perubahan yang dialaminya.

“Saya juga enggak euforia, saya pakai Alphard kok sekarang. Tapi biasa saja, enggak usah, wah hebat. Enggak, itu milik negara kok,” tutur Anggito.