Bagikan:

JAKARTA - Presiden RI ke-8, Prabowo Subianto resmi menunjuk Dody Hanggodo sebagai Menteri Pekerjaan Umum. Penunjukan Dody diumumkan pada Minggu, 20 Oktober 2024 di Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Ir. Doddy Hanggodo, MPE, Menteri Pekerjaan Umum (PU)," ujar Prabowo.

Untuk informasi, Kementeri PU merupakan pecahan dari kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sebelumnya dipimpin oleh Basuki Hadimuljono.

Dody diketahui merupakan pengusaha yang menjabat sebagai komisaris PT Pradiksi Gunatama Tbk pada 2017 hingga tahun 2018. Dody juga menjabat sebagai komisaris di PT Senabangun Anekapertiwi yang merupakan perusahaan Perkebunan Sawit.

PT Pradiksi Gunatama Tbk merupakan perusahaan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Araya Agro Lestari. Adapun Araya Agro Lestari merupakan entitas usaha milik anak Haji Isam.

Dody juga merupakan ayah dari Politikus Gerindra, Aushaf Fajr Herdiansyah yang juga merupakan bakal calon Wakil Bupati Nganjuk.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai Menteri PU, Dody akan didampingi oleh Diana Kusumastuti sebagai Wakil Menteri.

Untuk informasi, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2020 tentang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyelenggarakan fungsi kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air, penyelenggaraan jalan, penyelenggaraan sistem penyediaan air minum, pengelolaan air limbah domestik, pengelolaan drainase lingkungan, dan pengelolaan persampahan, penataan bangunan gedung, pengembangan kawasan permukiman, pengembangan sarana prasarana strategis, penyelenggaraan perumahan, pelaksanaan pembiayaan infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan, serta pembinaan jasa konstruksi.