Bagikan:

JAKARTA - Presiden ke-8 RI, Prabowo Subianto kembali menunjuk Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Saat ditanya terkait perasaannya seusai dilantik kembali, Bahlil mengaku biasa saja. Pasalnya, pada periode sebelumnya Bahlil telah menjabat sebagai Menteri ESDM sejak Agustus 2024 menggantikan Arifin Tasrif.

"Biasa aja ya! Kalau pelantikan kali ini kan untuk Kabinet Merah Putih periode 2024-2029," ujarnya, Senin, 21 Oktober 2024.

Pada kesempatan yang sama Bahlil juga mengucapkan terima kasih kepada Prabowo dan Gibran yang telah mempercayakan Kementerian ESDM kepada dirinya.

Meski kembali menduduki jabatan Kementerian ESDM, Bahlil mengaku masih ada tantangan yang harus dihadapi saat menjadi Menteri ESDM.

"Sudah tentu ini menjadi tantangan besar, sebab apa harapan Pak Presiden Prabowo dengan berbagai pidatonya termasuk kemarin pidato kenegaraan pertama di MPR bahwa salah satu yang akan didorong itu adalah tentang kedaulatan energi," lanjut Bahlil.

Apalagi, Kementerian ESDM menjadi garda terdepan yang akan mengeksekusi kebijakan kedaulatan kemandirian energi yang dicanangkan oleh Prabowo.

"Kemudian bagaimana juga untuk membuat kebijakan-kebijakan regulasi. Nah tadi saya baru selesai sharing dengan seluruh pegawai pejabat di ESDM untuk bagaimana kita bisa mewujudkannya," tandas Bahlil.