Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi melantik Bahlil Lahadalia sebagai menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM) pada hari ini, Senin, 19 Agustus. Dia resmi menggantikan Arifin Tasrif.

Pelantikan digelar pada pukul 09.30 WIB di Istana Negara, Jakarta. Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sejumlah menteri dan pejabat tampak hadir dalam kegiatan ini. Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hingga Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

Selanjutnya, Keputusan Presiden RI Nomor 92P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 dibacakan. Presiden Jokowi kemudian memimpin prosesi pengambilan sumpah jabatan menteri.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Jokowi mendiktekan sumpah jabatan yang diikuti Bahlil saat pelantikan.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab."

Diketahui, Arifin Tasrif dan Bahlil Lahadilia sama-sama dilantik sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju sejak periode kedua kepemimpinan Jokowi.

Arifin ditunjuk sebagai menteri ESDM pada 2019, menggantikan Ignasius Jonan yang menjabat di periode pertama kepemimpinan Jokowi pada 2014 lalu. Sementara Bahlil ditunjuk sebagai menteri investasi/kepala badan koordinasi penanaman modal pada April 2021.