Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Pasar Mawar, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Dalam kunjungannya, Jokowi berpamitan kepada warga karena masa jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) akan berakhir.

Saat berpamitan, Jokowi juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas kekurangannya selama 10 tahun menjabat sebagai orang nomor 1 di Indonesia.

“Sebulan lagi saya akan purna tugas, mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada bapak-ibu sekalian, apabila dalam 10 tahun saya memimpin negara ini ada hal yang kurang berkenan, ada kesalahan, ada kekhilafan, ada kekurangan, sekali lagi saya mohon maaf yang sebesar-besarnya,” ujar Jokowi dikutip dari Instagram @erickthohir, Selasa, 24 September.

Momen Jokowi berpamitan ini direkam langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan diunggahnya ke sosial media. Ia mengaku sedih saat melihat Jokowi berpamitan kepada warga Pontianak.

“Sedih, sedih. Pamitan beliau,” ucap Erick.

Sependapat, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia yang juga hadir di lokasi dan menyaksikan momen Jokowi berpamitan pun mengaku sedih.

“Sedih, (beliau) pamit ke rakyat,” ucap Bahlil.

Erick mengatakan, dirinya sedih karena Jokowi akan purna tugas dalam 26 hari ke depan. Namun, dia juga merasa bangga karena telah mendampingi Jokowi selama lima tahun terakhir.

“Sedih, tetapi juga bangga karena bisa menjadi saksi selama lima tahun terakhir bagaimana beliau memimpin Indonesia dengan hati,” tulisnya.

Tak lupa, Erick juga mengucapkan terima kasih kepada Jokowi karena diberi kesempatan membantu pemerintah. Menurut Erick, Jokowi selalu memastikan program pemerintah bisa dirasakan masyarakat.

“Terima kasih Bapak Presiden, atas segala kesempatannya bisa ikut membantu di pemerintahan ini,” kata Erick.