Bagikan:

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut, saat ini pihaknya telah berhasil mendaftarkan lebih dari 117 juta bidang tanah.

"Target yang kami ingin capai sampai dengan akhir tahun. Artinya, akhir Desember 2024 ini 120 juta bidang tanah terdaftar. Per hari ini, sudah lebih dari 117 juta bidang tanah yang terdaftar," kata AHY dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu, 14 September.

Secara terperinci, berdasarkan data Direktorat Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah (PHPT) jumlah tanah terdaftar adalah 117,4 juta bidang tanah

Dengan demikian, Kementerian ATR/BPN telah mencapai 97,8 persen target PTSL pada 2024 ini. Sementara itu, jumlah tanah tersertifikat mencapai 93,4 juta bidang tanah.

"Mudah-mudahan sisa waktu yang ada, kami juga tetap bisa fokus. Perlu saya pastikan di daerah-daerah, kantah bekerja secara efektif agar target-target PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) bisa tercapai dengan baik," ucapnya.

Adapun program PTSL ini dilakukan dalam rangka menertibkan administrasi pertanahan serta memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.

"PTSL ini merupakan program yang strategis, tujuannya adalah untuk menghadirkan kepastian hukum atas tanah bagi seluruh masyarakat Indonesia, individu dan komunal. Tentunya kami berharap tata ruang secara nasional ini juga semakin rapi administrasinya," pungkas AHY.