Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto memberikan bocoran terbaru terkait jenis kendaraan yang masih boleh menggunakan Pertalite dan Solar.

"Bocoran sedikit, meskipun meskipun sebetulnya saya tidak boleh ngomong, nanti Perpres yang baru tidak usah khawatir angkutan umum barang, orang itu masih dapat (BBM Subsidi)," ungkap Djoko yang dikutip Kamis, 12 September.

Djoko menuturkan, nantinya pembagian Solar ini akan dilakukan per daerah per SPBU oleh BPH Migas.

"Jadi kalau daerah Ibu kurang sampaikan ke BPH bisa dialokasikan ke wilayah-wilayah yang berlebih, problemnya sekarang itu banyak disalahgunakan untuk perkebunan ke industri dan sebagainya," imbuh Djoko.

Djoko juga mengatakan dirinya bersyukur saat ini PT Pertamina (Persero) sudah sukses membuat sistem IT untuk mendata kendaraan yang masih berhak menerima BBM Subsidi.

"Alhamdulillah Pertamina sudah sukses bikin sistem IT, nanti yang berhak akan mendapat kode barcode kasih ke SPBU baru keluar itu solarnya," kata Djoko.

Pada kesempataan yang sama Djoko juga mengungkapkan salah satu kejadian di mana pada jam 02.00 WIB di monitor Pertamina terlihat truk yang mengisi BBM hingga 700 liter, padahal kapasitas tangkinya hanya 200 liter.

Meski demikian ia menyebut kejadian ini belum ditindak karena pelaku memiliki backingan.

"Nah ini masih belum ditindak karena kadang mereka dapat backingan dari baju coklat, baju ijo, baju putih. Nah ini perlu tepat sasaran dengan IT, mudah-mudahan pemerintah segera berani memutuskan siapa yang berhak. Tapi bocoran sedikit, Damri masih bisa," pungkas Djoko.