Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan capaian program sejuta rumah hingga akhir Juli 2024 ini sudah mencapai 59,23 persen.

Diketahui, pemerintah melalui Kementerian PUPR terus mendukung percepatan rumah layak huni bagi seluruh masyarakat Indonesia dengan Program Sejuta Rumah (PSR).

"Pada 2024 ini, telah ditetapkan prognosis sebesar 1.042.738 dan hingga akhir Juli capaian PSR sebesar 617.622 unit (59,23 persen) dari total target nasional," jelas PUPR di akun Instagram resminya @kemenpupr, Selasa, 3 September.

Angka tersebut meliputi pembangunan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebesar 484.119 unit dan non MBR 133.503 unit di seluruh Indonesia.

"Semoga pembangunan PSR ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai target. Selamat Hari Perumahan Nasional SahabatPUPR!" imbuhnya.

Adapun Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mempunyai program yang akan dijalankan dalam pemerintahan mendatang, yakni membangun 3 juta rumah.

Terkait hal tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meyakini alokasi anggaran untuk merealisasikan program tersebut akan lebih besar daripada program 1 juta rumah yang ada di Pemerintahan era Joko Widodo (Jokowi) saat ini.

"Belum ada pembicaraan, kalau dahulu pak Jokowi 1 juta rumah itu bisa kami capai lebih dari 1 juta rumah. Kalau ada program 3 juta rumah, ya, menurut saya bagus, tapi belum dibahas," ujar Basuki kepada wartawan di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, dikutip Kamis, 14 Maret.