Bagikan:

BELITUNG TIMUR - Pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung meminta pemerintah pusat untuk menambah nilai dana bagi hasil (DBH) dari kontribusi sektor kelapa sawit. Permintaan ini berangkat dari DBH saat ini yang dinilai terlalu kecil.

Bupati Belitung Timur Burhanudin mengatakan wilayahnya baru mendapatkan DBH sawit pada tahun 2023 dengan nilai Rp8,7 miliar. Lalu, pada 2024 senilai Rp7,68 miliar. Sebingga total DBH yang didapatkan Kabupaten Belitung Timur senilai Rp16,38 miliar.

Menurut Burhanudin, transfer DBH dari pemerintah pusat ini terbilang kecil jika dibandingkan dengan kontribusi sawit di Belitung Timur ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Tercatat ada sembilan perusahaan sawit di Kabupaten Belitung Timur. Salah satunya adalah PT Sahabat Mewah & Makmur anak usaha dari PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) Tbk.

“Kontribusi dari Belitung Timur ke APBN itu cukup besar. Satu perusahaan saja itu berkontribusi dari pembayaran pajak, baik pajak ekspor yang dikirim ke APBN itu cukup besar, triliunan uangnya. Cuma balik kampungnya ini yang kecil,” katanya dalam Press Tour Kontribusi Sawit untuk APBN dan Perekonomian, Kamis, 29 Agustus.

Burhanudin mengatakan DBH yang diterima Kabupaten Belitung Timur dalam dua tahun itu tidak cukup untuk memperbaiki jalan rusak akibat dilintasi truk pengangkut kelapa sawit.

“Jadi dana DBH sawit ini memang sudah ada petunjuk teknisnya yang diberikan oleh pemerintah pusat untuk dilaksanakan di daerah. Hanya saja untuk bikin jalan, kalau jalannya 10 km, yang bisa dibangun mungkin 2 km. Karena kalau dengan dana sedikit, gak mungkin full bangun jalannya,” jelasnya.

Sekadar informasi, Kabupaten Belitung Timur sendiri merupakan daerah penghasil sawit. Saat ini total luas perkebunan sawit di Kabupaten Belitung Timur mencapai 62.064,67 hektare (Ha).

Jumlah tersebut sudah mencakup perkebunan swasta sebesae 49.682,64 Ha. Kemudian, perkebunan plasma atau kemitraan sebesar 6.519,38 Ha dan perkebunan rakyat 5.862,65 Ha.

Sementara, total produksi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Belitung Timur mencapai 1.019.051,75 ton. Sedangkan untuk produksi minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) sebanyak 203.810,35 ton.