Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih melanjutkan koreksi pada perdagangan hari ini, Jumat 23 Agustus. IHSG hari ini diperkirakan bergerak pada rentang resistance 7.550, pivot 7.500, support 7.450.

Phintraco Sekuritas menjelaskan, peningkatan suhu politik dalam negeri nampaknya turut memicu profit taking di pasar saham Indonesia pada perdagangan Kamis kemarin.

"Di luar faktor tersebut, pelemahan Kamis 22 Agustus relatif normal mengingat kondisi overbought yang diindikasikan oleh Stochastic RSI," tulis Phintraco Sekuritas dalam risetnya.

Phintraco Sekuritas menambahkan, DPR RI batal mengesahkan RUU Pilkada yang baru karena Rapat Paripurna yang tidak kuorum di Kamis dan desakan penolakan dari elemen masyarakat.

Suhu politik Indonesia diperkirakan masih berpotensi memanas karena ada dua jadwal penting di kuartal IV-2024, yaitu pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Oktober 2024 dan Pilkada serentak di November 2024.

"Meski data-data ekonomi domestik terbaru menunjukan kondisi yang masih relatif solid, namun meningkatnya risiko instabilitas politik domestik berpotensi membayangi outlook pertumbuhan ekonomi Indonesia di semester II 2024," jelas Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan enam saham untuk perdagangan hari ini, yakni ADRO, DOID (Trading Buy) serta BMRI, BBNI, ERAA, dan CPIN (Buy on Support).