Bagikan:

JAKARTA - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengungkapkan poduksi smelter konsentrat tembaga single line milik PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur direncanakan akan diresmikan pada pekan depan.

Tony bilang, peresmian produksi perdana ini akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi)

"Sudah beroperasi kan (Smelter Gresik). Sudah siap untuk produksi dan mudah-mudahan minggu depan sudah diresmikan Pak Presiden," ujar Tony saat ditemui media di Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kamis, 22 Agustus.

Sebelumnya, nilai investasi Smelter Manyar di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, mencapai 3,7 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp58 triliun.

Sebelumnya pada 27 Juni yang lalu telah dilakukan peresmian proses commissioning dan membutuhkan waktu produksi selama 6 hingga 10 minggu.

Pada kesempatan yang sama Tony juga mengungkapkan progres ekspor konsentrat tembaga yang telah dilakukan sejak diberi izin oleh pemerintah. Ia juga memastikan akumulasi yang akan diekspor hingga akhir tahun tetap sebesar 900.000 ton.

"Kan kita baru dapat izin di bulan Juni tanggal 20-an dan 20 Juni sampai sekarang kan baru 2 bulan. Mungkin sebulannya kita bisa 150.000 ton. Kira-kira kalau 150.000 x 6 bulan bisa 900.000. Mudah-mudahan doain aja. Jadi penerimaan negara bisa lebih besar," pungkas Tony.