Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik tiga menteri dan satu wakil menteri baru Kebinet Indonesia Maju.

Rosan Roeslani dianggak jadi Menteri Investasi hingga Bahlil Lahadalia diangkat jadi Menteri ESDM.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 19 Agustus.

Selain Rosan dan Bahlil, Jokowi juga melantik Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Supratman Andi Atgas yang ditunjuk menggantika Yasona Laoly. Jokowi juga melanti Wakil Menteri Kominikasi dan Informatika (Wemenkominfo) Angga Raka Prabowo.

Jokowi sebelum melantik keempat orang tersebut bertanya menganai sumpah yang akan diambil menurut agama Islam.

“Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengankatan saudara-saudara sebagai menteri negara dan wakil menteri negara Kabinet Kerja Indonesia Maju dalam sisa jabatan periode 2019-2024. Terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara apakah saudara-saudara beragama Islam?,” tanya Jokowi.

“Islam pak,” jawab keempatnya serentak.

“Bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpah menurut agama islam?,” tanya Jokowi.

“Bersedia,” jawab keempatnya.

Jokowi pun mengambil sumpah keempatnya untuk dilantik menjadi menteri dan wakil menteri, berikut sumpah yang dibacakan Jokowi.

“Apabila demikian harap mengikuti dan mengulangi kata-kata saya. Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang undangan dengan selurus-selurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Jokowi yang diikuti keempat orang tersebut.

Dalam acara pelantikan ini, turut hadir Wapres Ma’ruf Amin; Menko Perekonomian Airlangga Hartarto; Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan; Menteri Perindustrian Agus Gumiwang: Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Praktikno; Wakil Ketua MPR sejaligus Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani; hingga Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco.