Bagikan:

JAKARTA – Program makan bergizi gratis yang diinisiai Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas gizi anak-anak Indonesia.

“Saya meyakini program makan bergizi ini sebagai kelanjutan dan penguatan dari upaya penanganan stunting yang telah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan sebagai langkah penting dalam membangun generasi penerus yang sehat dan kuat untuk menciptakan SDM unggul menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Anggota Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Melli Darsa kepada wartawan, Selasa, 14 Agustus.

Dia menambahkan, program makan bergizi gratis telah diuji coba pada sekitar 250 anak-anak di SD Negeri 2 Gunung Batu mendapatkan makanan bergizi gratis yang telah dipersiapkan dengan cermat.

Adapun menu makanan yang disajikan terdiri dari susu, buah pisang, dan roti daging.

Seluruh makanan yang dibagikan dalam kegiatan ini melibatkan UMKM setempat, sehingga turut berkontribusi pada perekonomian lokal.

"Diharapkan program pembagian makanan bergizi dapat diterapkan secara luas dan berkelanjutan, sebagai bagian dari upaya menciptakan SDM unggul untuk masa depan Indonesia yang lebih baik," ujarnya.

Pakar kesehatan dr. Stephanie Wirdjowartani berharap, menu makan bergizi gratis dipersiapkan dengan cermat serta memenuhi asupan gizi yang seimbang.

“Makanan yang disajikan mengandung karbohidrat, protein, serat, serta memenuhi kebutuhan gizi harian anak-anak. Kandungan gula dalam makanan ini juga diperhatikan secara seksama, sejalan dengan anjuran Kementerian Kesehatan RI,” jelas dr. Stephanie.