Bagikan:

JAKARTA - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani memastikan 82 juta anak bangsa akan menerima program makan bergizi gratis setelah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024.

"Makan bergizi gratis adalah ikhtiar Pak Prabowo agar anak-anak kita tidak lagi malas, punya IQ yang tinggi, punya semangat belajar, bisa berprestasi," kata Muzani saat menghadiri uji coba makan bergizi gratis untuk 3.000 siswa SD, SMP, SMA di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Antara, Rabu, 18 September. 

Menurut Muzani yang juga Wakil Ketua MPR RI itu, Prabowo dan Gibran sedari awal memang fokus untuk memperbaiki gizi anak-anak sejak dini. Hal tersebut dilakukan agar Indonesia memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas guna menyongsong bonus demografi di tahun 2045.

Karenanya, Muzani memastikan program makan siang bergizi ini akan diberlakukan secara merata di seluruh daerah dengan menu makanan yang berkualitas.

Tidak hanya berguna untuk anak-anak calon penerus bangsa, Muzani memastikan program makan bergizi gratis ini juga akan berdampak baik pada usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Hal itu karena dalam program tersebut, pihak pemerintah akan menggandeng UMKM untuk memproduksi dan mendistribusikan makan bergizi ke seluruh warga.

"Bisa dorong perekonomian nasional, pasar-pasar bergairah, toko beras, tukang sayur, daging, susu, dan telur semua akan digunakan sebagai bahan baku makan bergizi yang akan dikonsumsi anak-anak kita di seluruh Indonesia," ujarnya.

Oleh karenanya, Muzani berharap seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) mau berkolaborasi untuk membantu pemerintahan Prabowo-Gibran menjalankan program makan bergizi gratis tersebut.