Bagikan:

JAKARTA - Fraksi Partai Gerindra dan Golkar DPRD DKI Jakarta meminta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mengalokasikan anggaran program makan bergizi gratis di sekolah dalam perubahan APBD tahun anggaran 2024.

Gerindra menginginkan pogram makan gratis serupa gagasan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ini juga masuk dalam program rutin Pemprov DKI.

Hal ini diungkapkan Anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Bastian P. Simanjuntak, dikutip dari dokumen pemandangan fraksi DPRD terhadap rancangan perubahan APBD tahun anggara 2024.

"Fraksi Gerindra mendorong agar dalam RAPBD perubahan tahun 2024 ini dialokasikan untuk program makan bergizi gratis di sekolah-sekolah," kata Bastian, dikutip Jumat, 9 Agustus.

Menurut Bastian, program makan bergizi gratis di sekolah diperlukan sebagai upaya Pemprov DKI dalam meningkatkan gizi atau asupan nutrisi bagi siswa.

Ia melanjutkan, ketika kebutuhan gizi anak-anak terpenuhi, daya menyerap pelajaran di sekolah akan lebih baik.

"Program tersebut tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar siswa, tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan jangka panjang dengan meletakkan dasar untuk gaya hidup lebih sehat, dan bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan serta kesehatan anak sebagai prioritas utama," jelas dia.

Juga dalam pemandangan fraksi, Ketua Fraksi Golkar Basri Baco juga meminta Heru Budi menganggarkan program makan bergizi gratis menyesuaikan dengan program pemerintah pusat yang telah diuji coba.

"Program ini juga sebagai upaya menekan semakin banyaknya anak-anak yang menderita gagal ginjal akibat pola makan dan minum yang salah," ucap Baco.

Sebelumnya, Heru Budi Hartono mengaku akan melakukan uji coba makan bergizi gratis di beberapa sekolah Jakarta. Heru menyebut pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis ini akan mulai setelah peringatan HUT RI.

"Saya akan mulai uji coba ada beberapa sekolah di Cakung Jakarta Timur, ada beberapa di Jakarta Selatan, itu kalau SD ya," ujar Heru.

Heru meminta bantuan dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jakarta secara bergiliran untuk memfasilitasi pelaksanaan program Prabowo-Gibran itu.

Heru belum dapat menjelaskan mengenai mekanisme pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis tersebut. Dia hanya memastikan pelaksanaan akan dilakukan BUMD bersama masyarakat.

"Nanti, uji cobanya, kami kan ada yang namanya BUMD Dharma Jaya. Mereka juga bisa melakukan kegiatan itu dengan masyarakat sekitarnya juga bisa. Nanti kita lihat, ya. Yang terpenting adalah makanan itu bergizi," pungkas Heru.