Bagikan:

JAKARTA - Wakil Sekjen PBNU Faisal Saimima, mengkonfirmasi rencana kedatangan belasan anggota Dewan Syuro aktif dan mantan anggota Dewan Syuro PKB ke kantor PBNU di Jakarta Pusat, Jumat, 9 Agustus, siang ini. Kedatangan mereka ke PBNU untuk beraudiensi dengan Pansus hubungan PKB-NU.

Faisal mengungkapkan, para Dewan Syuro ini telah berkirim surat ke PBNU agar bisa diundang Pansus PKB bentukan PBNU guna menambahkan kesaksian mengenai kondisi PKB di bawah kepemimpinan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

“Iya para kiai anggota Dewan Syuro ini telah memberitahu kami. InsyaAllah mereka akan kami terima di lantai lima gedung PBNU,” ujar Faisal kepada wartawan, Jumat, 9 Agustus.

Faisal mengatakan, para anggota Dewan Syuro PKB yang datang umumnya berasal dari DPC PKB di Jawa. Diantaranya 5 pengurus yang masih aktif, dan 4 mantan pengurus PKB.

Dikatakan Faisal, para kiai ini akan curhat mengenai PKB pasca kepemimpinan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur kepada Tim Pansus PBNU. Menurut para kiai, setelah Gus Dur tak lagi memimpin PKB, kewenangan Dewan Syuro terus dipangkas.

Akibatnya, kata Faisal, Dewan Syuro kini tidak lagi memiliki posisi yang sentral di partai bentukan PBNU itu.

"Kedatangan para anggota Dewan Syuro PKB ini akan menjadi masukan bagi PBNU dalam mengevaluasi sepak terjang PKB di bawah kepemimpinan Muhaimin," pungkasnya.

Sebelumnya, PBNU telah mengundang dua orang mantan petinggi PKB untuk memberikan data terkait kondisi PKB. Keduanya yakni mantan Sekjen PKB Lukman Edy dan mantan Ketua Fraksi PKB pertama di DPR, Effendy Choirie atau Gus Choi.