Bagikan:

JAKARTA - Perancis berhasil mengamankan tiket final bola basket Olimpiade Paris 2024 usai melewati pertarungan menegangkan melawan Jerman.

Perancis menang dengan skor tipis 73-69 pada laga semifinal yang digelar di Accor Arena, Paris, pada Kamis, 8 Agustus 2024, malam WIB.

Tuan rumah terlambat panas. Perancis harus mengakui keunggulan Jerman pada kuarter pertama dengan skor 18-25.

Penampilan Victor Wembanyama dan kolega meningkat di kuarter kedua. Mereka mencetak 15 poin, sedangkan Jerman cuma mengemas delapan angka. Torehan itu membuat kuarter kedua berakhir imbang 33-33.

Pada kuarter ketiga, Perancis mulai bisa membalikkan keadaan. Tambahan 23 poin membuat mereka unggul 56-50.

Kuarter keempat berlangsung sangat menegangkan. Perancis sejatinya bisa menjaga keunggulan.

Jerman tampil gigih untuk mengejar ketertinggalan. Dennis Schroder dan kawan-kawan sempat mendekat 65-70 pada satu menit terakhir.

Franz Wagner kemudian semakin membuat publik tuan rumah waswas lantaran tembakan tiga angkanya membuat jarak menipis menjadi satu bola.

Namun, Schroder membuang peluang emas pada menit terakhir itu. Pada dua kesempatan lemparan bebas, dia hanya memasukkan satu poin.

Justru, pada 30 detik pemungkas, Perancis mendapatkan momentum menjauh. Sacrifice foul dari Jerman membuat tuan rumah menambah angka.

Perancis pun akhirnya menutup laga dengan kemenangan 73-69 meski mereka lebih sedikit dalam menorehkan poin di kuarter keempat, 17 berbanding 19 milik Jerman.

Guerschon Yabusele menjadi pencetak poin terbanyak buat Perancis dengan 17 angka. Di kubu Jerman, Schroder mengemas 18 poin, tapi tak membantu tim meraih tiket final basket Olimpaide Paris 2024.

Perancis akan menghadapi pemenang Amerika Serikat vs Serbia di final yang akan berlangsung pada 10 Agustus 2024 di Accor Arena.