Bagikan:

JAKARTA - Laga perempat final basket putra 5X5 Olimpiade Paris 2024 baru saja tuntas pada Rabu, 7 Agustus 2024, dini hari WIB.

Empat tim berhasil melangkah ke semifinal, yaitu Perancis, Jerman, Amerika Serikat, dan Serbia.

Babak perempat final dibuka dengan kemenangan mudah Jerman atas Yunani dengan skor 76-63. Franz Wagner melanjutkan penampilan apiknya di Olimpiade, mencetak 18 poin, tiga rebound, dua assist, dan dua steal.

Jerman memaksa 15 turnover, termasuk sembilan steal, dan mencetak 20 poin dari turnover tersebut.

Yunani menembak bola dengan efisien di dalam garis tiga angka dengan 68 persen, tetapi mereka cuma bisa melepas tembakan tiga angka sukses sebesar 27 persen.

Giannis Antetokounmpo yang memimpin Yunani tampil terbaik bagi timnya dengan 22 poin dari 14 tembakan. Namun, dia belum bisa membawa negaranya melangkah ke babak selanjutnya untuk perebutan medali.

Partai kedua mempertemukan Serbia vs Australia. Nikola Jokic dan kolega harus bersusah payah mengamankan tiket empat besar sampai melalui overtime.

Serbia melakukan comeback untuk menang 95-90 dalam perpanjangan waktu. Kedua tim sama-sama punya akurasi tembakan 78 persen.

Efektivitas dalam lemparan bebas dan mencetak poin dalam peluang kedua menjadi pembeda.

Serbia dan Australia, tim berperingkat keempat dan kelima FIBA, bermain imbang 82-82 hingga kuarter keempat kelar.

Namun, Serbia yang punya persentase lebih baik dalam lemparan bebas dan poin peluang kedua bisa mengamankan kemenangan di overtime. Mereka mengemas 23 poin dari peluang kedua berbanding 11 milik Australia.

Selain itu, Serbia juga mencatatkan 18 poin dari lemparan bebas, sedangkan Australia hanya sembilan.

Nikola Jokic menjadi pemain terbaik untuk timnya. Dia membukukan 21 poin, 14 rebound, dan sembilan assist.

Bogdan Bogdanovic menambahkan 17 poin untuk Serbia, enam rebound, dan lima assist.

Pertandingan berikutnya ialah pertemuan tuan rumah Perancis melawan Kanada. Perancis kembali ke jalur kemenangan setelah kalah dari Jerman di pertandingan terakhir babak grup.

Mereka menang dengan skor meyakinkan 82-73 atas Kanada. Perancis membuka keunggulan dua digit di awal.

Perbedaan terbesar terjadi di garis lemparan bebas. Perancis melepaskan 42 lemparan bebas, sedangkan Kanada hanya 25 lemparan bebas. Tuan rumah juga punya akurasi lebih baik, 79 persen berbanding 72 persen.

Guerschon Yabusele memimpin Perancis dengan 22 poin, diikuti oleh 20 poin dari Isaia Cordinier. Victor Wembanyama hanya mencetak tujuh poin dengan akurasi tembakan dua dari 10 percobaan.

Partai terakhir perempat final mempertontonkan keperkasaan Amerika Serikat atas Brasil. LeBron James dan kolega menang telak 122-87.

Brasil tampil kompetitif di awal kuarter pertama. Namun, Amerika Serikat membalikkan keadaan.

Mereka tak terbendung meski Brasil sempat mencetak poin lebih banyak di kuarter ketiga. Serangan luar biasa dan pertahanan tangguh menjadi kesuksesan Amerika Serikat melaju ke semifinal.

Devin Booker memimpin Amerika Serikat dengan 18 poin, termasuk lima dari tujuh percobaan tembakan di dalam garis tiga angka. Anthony Edwards menambahkan 17 poin untuk tim.

Selanjutnya, laga ulangan fase grup akan tersaji di semifinal basket Olimpiade Paris 2024. Laga tersebut akan digelar pada 8 Agustus 2024 di Bercy Arena, Paris.

Hasil Perempat Final Basket Olimpiade Paris 2024

Jerman vs Yunani 76-63

Serbia vs Australia 95-90

Perancis vs Kanada 82-73

Amerika Serikat vs Brasil 122-87

Jadwal Semifinal

8 Agustus 2024

Perancis vs Jerman

Amerika Serikat vs Serbia