Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan jalan tol yang akan menghubungkan Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) diperkirakan akan selesai akhir tahun 2024 ini.

“Kemarin bapak ibu ke Nusantara lewat Kecamatan Sepaku atau lewat tol? tolnya belum jadi, tol akan selesai sampa di Nusantara kira-kira akhir tahun, betul Pak Menteri PU? akan selesai akhir tahun sampai ke Nusantara,” tuturnya dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 12 Agustus.

Jokowi menuturkan, jika jalan tol yang menghubungkan Balikpapan dan Nusantara rampung maka akan memangkas waktu tempuh yang semula 2 jam, menjadi 50 menit.

“Sebelumnya kita harus muter lewat Kecamatan Sepaku kalau ke sini (Nusantara), 2 jam lebih dikit. Begitu tol selesai, Balikpapan ke Nusantara hanya akan 40 hingga 50 menit,” ujarnya.

Selain jalan tol, Jokowi bilang nantinya akan ada Bandara IKN yang diperuntukan untuk pesawat komersial. Adapun sebelumnya bandara tesebut awalnya direncanakan untuk VIP dan VVIP.

“Airport Nusantara nanti juga diperuntukkan untuk pesawat komersial bisa turun di Nusantara Airport, bapak ibu dari Medan, Jakarta, Badnung Surabaya, Makassar dari Papua pun langsung ke Nusantara turunnya di Nusantara Airport,” tuturnya.

Jokowi bilang, dengan adanya bandara Nusantara ini, IKN akan semakin dekat dijangkau dari berbagai daerah.

“Ke sini itu cuma waktunya 15 menit. Kelihatan betapa dekatnya IKN ini dengan daerah lain,” katanya.