Indofood CBP, Produsen Indomie Milik Konglomerat Anthony Salim Berhasil Cetak Penjualan Rp46,64 Triliun
Konglomerat Anthony Salim. (Foto: Dok. Nikkei)

Bagikan:

JAKARTA - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) meraih kinerja yang ciamik di tahun buku 2020. Produsen makanan olahan populer, Indomie ini, berhasil mencetak penjualan dan laba bersih hingga double digit di tahun pandemi COVID-19 tersebut.

Mengutip laporan keuangan ICBP yang dipublikasikan di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa 23 Maret, penjualan bersih konsolidasi yang dicetak ICBP mencapai Rp46,64 triliun di 2020. Capaian tersebut tumbuh 10 persen dibandingkan dengan penjualan bersih pada tahun 2019 yang sebesar Rp42,30 triliun.

Dari sisi beban pokok penjualan, pos ini naik 5,5 persen menjadi Rp29,42 triliun. Laba usaha ICBP pun naik hingga 24 persen menjadi Rp9,20 triliun dari Rp 7,40 triliun, dan margin laba usaha naik menjadi 19,7 persen dari 17,5 persen.

Alhasil, ICBP mencatatkan kenaikan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk hingga 31 persen menjadi Rp6,59 triliun dari Rp 5,04 triliun di tahun sebelumnya. Margin laba bersih pun meningkat menjadi 14,1 persen dari 11,9 persen. 

Direktur Utama dan Chief Executive Officer ICBP Anthony Salim mengatakan, kinerja positif yang dicetak perusahaan didukung oleh kekuatan merek-merek produk, model bisnis terintegrasi yang tangguh serta jaringan distribusi yang luas. Hal ini juga menjadi tonggak bahwa ICBP mampu beradaptasi secara dinamis terhadap perubahan tren dan perilaku konsumen yang terjadi secara cepat.

"Dalam menghadapi tantangan dan peluang baru ke depannya, kami akan mempertahankan keunggulan kami, serta tetap waspada dalam menjaga kesehatan karyawan kami," jelas orang terkaya nomor 4 di Indonesia ini.

ICBP adalah perusahaan bergerak dalam bidang pembuatan mie dan bahan makanan, produk makanan kuliner, biskuit, makanan ringan, nutrisi dan makanan khusus, kemasan, perdagangan, transportasi, pergudangan dan cold storage, jasa manajemen dan penelitian dan pengembangan.

Produk-produk populer dari ICBP yang biasa kita dapati di pasaran antara lain Indomie, Supermi, Sarimi, Indomilk, Cap Enaak, Piring Lombok, Chitato, Qtela, Lays, Cheetos, Promina, dan SUN.