Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,66 persen atau 48,716 poin ke level 7.278,863 hingga akhir pergadangan Senin 15 Juli. Lantas bagaimana dengan proyeksi IHSG hari ini, Selasa 16 Juli?

Phintraco Sekuritas dalam risetnya melihat IHSG mengalami pullback signifikan di Senin. Salah satu pemicunya adalah faktor teknikal dengan penyempitan positive slope pada MACD bersamaan dengan kondisi overbought pada Stochastic RSI.

"IHSG masih rawan pullback lanjutan ke kisaran 7.250-7.230 di Selasa," jelas Phintraco Sekuritas.

Di samping faktor teknikal, menurut Nurwachidah pasar merespons realisasi pertumbuhan ekonomi China sebesar 4,7 persen yoy di kuartal II 2024, turun jauh dari 5,3 persen yoy di kuartal I 2024. Realisasi di bawah ekspektasi ini memicu kekhawatiran terhadap outlook ekonomi China.

Selain itu, masih dari eksternal, percobaan pembunuhan pada Calon Presiden AS, Donald Trump memicu kekhawatiran kebijakan inward looking yang lebih ekstrim apabila Trump memenangkan Pemilu Presiden AS di November 2024 mendatang.

"Dampak negatif terhadap world trade dikhawatirkan lebih signifikan dari periode pertama kepemimpinan Trump," ujarnya.

Sementara dari domestik, Phintraco melihat nilai ekspor tumbuh 1,17 persen yoy di Juni 2024, jauh lebih rendah dari ekspektasi yaitu 5,13 persen yoy. Kondisi ini turut memicu aksi profit taking di Selasa.

Adapun saham-saham yang dikomendasikan untuk hari ini menurut Phintraco Sekuritas di antaranya ICBP, INKP, BBYB, MNCN dan JPFA.