Bagikan:

JAKARTA - Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis Sumadilaga mengungkapkan, saat ini pembangunan runway Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berprogres.

Namun demikian, ada satu kendala dalam pembangunan proyek tersebut.

Da mengatakan, persoalan cuaca sempat menghambat karena wilayah IKN sedang dilanda hujan deras belakangan ini.

"Kami mengadakan modifikasi cuaca dari kemarin. Kan, waktu bandara itu sebelum pengaspalan atau saat proses pengaspalan tidak boleh terganggu hujan. (Makanya) kami terus berusaha memodifikasi cuaca agar tidak terganggu," tuturnya.

Danis mengatakan, pihaknya mempunyai dua target untuk penyelesaian bandara VVIP di IKN.

Pertama, penyelesaian landasan pacu sepenuhnya sampai akhir 2024 yang sudah mencapai 40 persen.

Kemudian target kedua adalah fungsional 2.200 meter (m) dalam rangka menyambut HUT RI di IKN yang progresnya sudah sekitar 60 persen.

"Target yang sampai akhir tahun baru sekitar 40 persen, tapi sampai Agustus (2024) sudah lebih dari 60 persen yang 2.200 m," ucap Danis saat ditemui di kantornya, Jumat, 5 Juli.

Danis memastikan, Kementerian PUPR terus memantau progres pembangunan runway Bandara VVIP di IKN.

Pasalnya, setiap hari pihaknya mendapatkan laporan dari timnya di lapangan soal kondisi cuaca di IKN agar progres pembangunan Bandara VVIP tidak terhambat.

Meski begitu, ketika dikonfirmasi soal lokasi dan landasan pacu buat teknologi taksi terbang, Danis mengaku belum bisa menjawab hal tersebut.

Menurutnya, belum ada rencana membangun landasan pacu untuk taksi terbang di IKN.

"Tidak tahu, belum ada rencana kalau yang (landasan pacu buat) taksi terbang," pungkasnya.