Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, lapangan upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) rampung 100 persen.

Hal tersebut disampaikan Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga yang baru saja berkunjung ke ibu kota baru tersebut pada pekan ini.

"Sudah (selesai). Kemarin Rabu atau Kamis saya di sana," ujar Danis saat ditemui di kantornya, Jumat, 5 Juli.

Danis menjelaskan, berdasarkan kalkulasi pihaknya, lapangan tersebut memiliki kapasitas hingga 8.000 orang. Jumlah ini pun lebih banyak dari informasi sebelumnya yang menyebut lapangan seluas 14.250 meter persegi itu bisa menampung 4.000 orang.

"Bahkan, bisa (menampung) 8.000. Tapi, kalau jumlah (tamu) yang akan diundang (tidak tahu). Jadi ada dua untuk undangan dan petugas upacara. Tapi, kalau secara total kami bisa (menampung) 8.000," katanya.

Meski begitu, Danis mengaku tidak bisa menjelaskan perihal jumlah undangan untuk upacara 17 Agustus, dia mengatakan Kementerian PUPR hanya bertugas menyediakan infrastruktur dasar saja.

"Jadi, kalau tugas PUPR adalah menyediakan sarana dan prasarana, kalau masalah pengaturan undangan itu di Sekretariat Presiden sama Sekretariat Negara. Itu aja," tuturnya.

Untuk berbagai proyek lain, kata Danis, sedang dikebut untuk selesai pada akhir Juli 2024. Beberapa di antaranya seperti Kantor Presiden, Istana Presiden, Area Sumbu Kebangsaan, Memorial Park hingga Beranda Nusantara.

Sementara proyek yang ditarget fungsional adalah Kantor Sekretariat Presiden (Setpres), Sekretariat Negara (Setneg) serta sejumlah Kantor Kementerian Koordinator.