Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI Hery Gunardi mengatakan bahwa Indonesia mempunyai peluang yang cukup tinggi untuk menjadi pelopor di sektor halal global mengimplementasikan gaya hidup halal.

Lebih lanjut, Hery menjelaskan peluang tersebut dapat diwujudkan melalui kolaborasi yang dilakukan BSI bersama dengan pihak lokal maupun global dalam gelaran bertaraf internasional yakni BSI International Expo 2024.

“Dengan jumlah sekitar 65 Juta UMKM di Indonesia, kolaborasi BSI dengan pihak lokal maupun global ini memiliki peluang yang tinggi bagi Indonesia, yakni menjadi pelopor di sektor halal secara global dengan mengimplementasikan gaya hidup halal,” katanya dalam acara BSI International Expo 2024, di JCC, Jakarta, Kamis, 20 Juni.

Selain itu, Hery menilai Indonesia juga memiliki peluang untuk mendirikan Global Halal Producer Center sebagai pusat produsen halal di seluruh dunia.

“Dan juga meningkatkan kapasitas ekspor produk halal berkualitas ke berbagai belahan dunia,” tuturnya.

Hery bilang Industri Halal merupakan sektor yang potensial dan memiliki permintaan atau demand yang cukup besar baik di Indonesia maupun secara global.

“Sebagai negara dengan penduduk muslim lebih dari 85 persen, Indonesia tentunya memiliki peluang yang besar untuk menjadi pioneer sektor halal di dunia serta menerapkan halal lifestyle dalam setiap aktivitas,” tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap penyelenggaraan ekspo internasional yang digelar BSI hari ini dapat menjadi kegiatan rutin agar industri syariah Indonesia dapat semakin melebarkan sayapnya di mancanegara.

“Kegiatan ini seyogyanya dapat diselenggarakan secara konsisten setiap tahun, tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di kota-kota lain sehingga mendorong UMKM dan pelaku usaha industri halal lokal naik kelas dan mendunia,” ujar Ma’ruf.