Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo meminta produk UMKM binaan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memperluas pangsa pasar ke kancah internasional.

Pria yang akrab disapa Tiko ini mengatakan hal tersebut bisa dilakukan melalui temu bisnis atau business matching berskala internasional. Seperti, gelaran BSI International Expo 2024 yang menampilkan sejumlah produk UMKM.

“Melalui event ini BSI memfasilitasi UMKM untuk dapat terlibat aktif menjajaki pasar internasional,” katanya dalam pembukaan BSI International Expo 2024, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis, 20 Juni.

Tiko mengatakan dalam gelaran BSI International Expo ini ada belasan negara yang terlibat. Mulai dari Arab Saudi, Mesir, Pakistan, Inggris, Korea Selatan, Qatar, Jepang, Malaysia dan beberapa negara lainnya.

“Harapan kami dengan beberapa agenda business matching yang dijadwalkan dapat membantu UMKM binaan BSI untuk go global melalui ekspansi bisnis serta benchmarking terkait pengembangan produk halal di negara-negara sahabat,” ujarnya.

Tino bilang BSI International Expo akan digelar rutin setiap tahun. Menurut dia, ajang tersebut juga akan mempertemukan pelaku bisnis halal dengan pembeli internasional melalui business matching yang diadakan khusus selama pameran berlangsung.

Lebih lanjut, Tiko juga mengatakan Kementerian BUMN bersama-sama BSI berkomitmen untuk terus mendorong Indonesia membangun kapasitas dan kapabilitas untuk menjadi pemain utama dengan produsen halal value chain global.

“Sehingga Indoneisa dengan memanfaatkan keunggulan populasi muslim kedua terbesar (di dunia) mampu menjadi pusat industri halal dunia,” tuturnya.