Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) agar menggencarkan fasilitas pembiyaan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM) di dalam negeri.

Lebih lanjut, Ma’ruf mengatakan peningkatan fasilitas pembiayaan tersebut akan mendorong industri halal di Indonesia. Termasuk juga memacu ekspansi dan inklusi keuangan syariah.

“Tingkatkan juga porsi pembiayaan dan fasilitas pendampingan bagi pelaku usaha UMKM dan pelaku usaha industri ini agar mendorong pertumbuhan industri halal dan memacu ekspansi dan inklusi keuangan syariah serta dana sosial syariah,” ujarnya dalam pembukaan BSI Internationa Expo, di Jakarta, Kamis, 20 Juni.

Ma’ruf juga berpesan agar BSI memperkuat ekosistem dan infrastruktur ekonomi syariah yang berkelanjutan. Serta memperkuat sinergi, kolaborasi dan kerja sama dengan seluruh pemaku kepentingan, termasuk KDEKS.

Adapun KDEKS adalah komite daerah ekonomi keuangan syariah. Saat ini sudah terbentuk di 31 provinsi, hanya tinggal tujuh provinsi yang belum dibentuk komite daerah dan ekonomi syariah.

“Saya ingin ekonomi syariah dari pusat hingga daerah semakin kuat dan berbagai program ekonomi syariah di daerah semakin terakselerasi,” tuturnya.

Ma’ruf juga berpesan agar BSI membangun ekosistem tersebut dengan infrastruktur digital yang andal dan juga dengan tingkat keamaan yang tinggi.

“Saya berharap dengan upaya-upaya yang akan dilakukan, BSI dapat memberikan kontribusi yang semakin besar bagi perekonomian nasional, mendukung upaya menjadikan ekonomi keuangan syariah sebagai bagian akselerasi transformasi ekonomi, meningkatkan produktivitas, serta menjaga ketahanan dan stabilitas ekonomi Indonesia di masa mendatang,” tuturnya.