Bagikan:

JAKARTA - PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) menyebut, terjadi peningkatan volume kendaraan di Gerbang Tol (GT) Warugunung pada momentum libur panjang Hari Raya Iduladha 2024.

Direktur Utama PT Jasamarga Surabaya Mojokerto D. Hari Pratama mengatakan, jumlah kendaraan yang meninggalkan Surabaya menuju ke arah Barat melalui GT Warugunung hingga Sabtu, 15 Juni 2024, tercatat sebanyak 24.000 unit.

"Ini meningkat sebanyak 33 persen dari kondisi normal sebanyak 18.000 kendaraan," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Senin, 17 Juni.

Pratama menuturkan, guna memperlancar akses menuju destinasi wisata pada periode libur kali ini, pihaknya berupaya mengoptimalkan layanan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Adapun destinasi wisata favorit tujuan masyarakat pada periode libur panjang di wilayah Kabupaten Mojokerto tersebut seperti Pacet dan Trawas.

Untuk menjaga kelancaran serta kenyamanan perjalanan pengguna jalan, kata Pratama, pihaknya telah menyiapkan berbagai upaya layanan operasional, di antaranya dalam bidang layanan transaksi.

Seperti, menyiapkan mobile reader untuk menambah kapasitas di gerbang tol, memastikan keberfungsian peralatan tol dan kelengkapan operasional di setiap gerbang tol.

"Untuk layanan lalu lintas, dengan memastikan keberfungsian CCTV dan Dynamic Message Sign (DMS) guna memonitor kondisi lalu lintas dan percepatan informasi melalui aplikasi Travoy serta menempatkan personel pada lokasi potensi kepadatan di sepanjang Jalan Tol Surabaya-Mojokerto," katanya.

Dalam bidang layanan pemeliharaan, Pratama mengatakan, pihaknya telah menyiagakan Tim Patching untuk antisipasi apabila ada gangguan pada perkerasan, melakukan langkah preventif dengan normalisasi, pembersihan drainase dan pembangunan tanggul penahan banjir serta menyiagakan personel dan sarana untuk antisipasi keadaan darurat apabila terjadi genangan air.

Layanan pendukung lainnya yang tidak kalah penting adalah memastikan rest area dapat memberikan fasilitas terbaiknya, termasuk kecukupan air bersih dan keberfungsian toilet di rest area, memastikan ketersediaan BBM serta menyiapkan manajemen arus lalu lintas di rest area.

"PT Jasamarga Surabaya Mojokerto berupaya mewujudkan kelancaran pengguna jalan dalam melakukan perjalanan pada saat periode libur panjang Hari Raya Iduladha dengan menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan dan terus berkomitmen untuk selalu menjaga kondisi jalan tol sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol," imbuhnya.