Menhub Semangati Pelaku Usaha Otobus Bangkit di Tengah Pandemi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (DOK. Humas Kemenhub)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung berbagai upaya para pelaku usaha otobus membangkitkan usaha di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya lewat gerakan "Kebangkitan Transportasi Darat dari Pandemi dan Kampanye Keselamatan Angkutan Jalan”.

Gerakan ini mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai fasilitas-fasilitas yang menjadi unggulan di moda transportasi darat, seperti bus. Sosialisasi masif digencarkan lewat media sosial.

"Saya mendukung gerakan ini, karena media sosial saat ini sangat baik untuk mempromosikan tentang transportasi darat, khususnya kepada para generasi muda,” kata Menhub saat membuka "Roadshow Sumatera 2021", yang diselenggarakan Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), di Jakarta, Minggu, 14 Maret.

Menhub Budi Karya mengatakan promosi di media sosial tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, bahwa bertransportasi dengan bus di masa pandemi ini sudah aman. Dengan begitu, pelaku usaha angkutan jalan dapat bangkit kembali setelah pada 2020 mengalami  penurunan penumpang.

Ada pun Ketua Umum IPOMI Kurnia Lesani Adnan, yang menjadi pelopor gerakan, mengatakan, kondisi pandemi berdampak langsung bagi industri angkutan jalan khususnya bus. Karernanya perlu upaya bersama untuk membangkitkan industri ini, dengan memberikan harapan positif kepada pelaku usaha dan masyarakat. "Gerakan ini adalah salah satu caranya," tuturnya. 

Sebagai informasi, IPOMI mengadakan Sumatera Roadshow 2021 untuk menunjukkan geliat industri transportasi darat, khususnya bus. Roadshow ini juga untuk melihat infrastuktur jalan di Sumatera, jalan tol saat ini dari Lampung sudah sampai ke Palembang, sembari menunjukkan keamanan dan kenyamaan selama perjalanan menggunakan bus. 

Kegiatan ini akan ditayangkan di Perpalz TV, sebuah channel YouTube yang dibentuk IPOMI. Kanal ini berisi konten khusus dunia otomotif dan transportasi darat di Indonesia, baik tentang sejarah, teknologi, regulasi dan perkembangan dunia transportasi darat otobus Indonesia. Melalui kanal ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat dengan baik tentang perkembangan dunia otobus.