Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara mengenai kabar terbaru dari rencana menghubungkan LRT Jabodebek hingga Bogor, Jawa Barat.

Pemerintah saat ini memilih fokus pada rute LRT yang sudah ada.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan operasional LRT Jabodebek sendiri belum genap satu tahun.

Karena itu, kata dia, pihaknya akan fokus mengembangkan LRT yang sudah ada saat ini.

Adapun saat ini LRT Jabodebek baru menghubungkan Jakarta, Bekasi dan Depok. Penumpang yang ingin menuju ke Bogor dapat transit di stasiun Harjamukti Depok. Kemudian dapat melanjutkan perjalanan menggunakan Bus Trans Pakuan ke Kota Bogor.

Seiring dengan langkah tersebut, Adita mengatakan pihaknya tetap melakukan kajian lanjutan pembangunan LRT agar sampai Bogor.

“Kita fokus dulu sama yang ada sekarang. Ini kan juga belum ada sampai setahun kita akan evaluasi dulu. Kalau studi tetap jalan, tetapi tentu kita fokus dulu sama LRT yang ada sekarang dulu untuk kita besarkan,” tuturnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 5 Juni.

“Dan itu juga nanti akan jadi bahan evaluasi juga kan, ketika kita nanti akan perluas cakupan atau rute-rutenya,” sambungnya.

Saat ditanya kemungkinan pembangunan proyek lanjutan LRT hingga Bogor tidak akan dilakukan tahun ini, Adita bilang hal tersebut menjadi kewenangan pemerintah baru.

“Tergantung pemerintahan yang baru,” jelasnya.

Terkait dengan target kajian proyek lanjutan LRT hingga Bogor, Adita mengatakan bahwa pihaknya belum menetapkan target.

“Belum ada (target),” ucapnya.