Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkap ada proyek perhubungan yang menjadi prioritas di Ibu Kota Nusantara (IKN) yakni kereta otonom atau autonomous rail transit (ART) dan Bandara VVIP.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pembangunan kedua proyek tersebut berjalan sesuai dengan rencana.

“Rencana kita yg paling terdekat adl ART sama Bandara VVIP. Kalau ART terakhir kami meeting dengan Deputi OIKN Bu Silvi, untuk ART juga so far semuanya on track dan bandara juga kita jalan semuanya sesuai progres sesuai rencana semua,” ucapnya singkat saat ditemui di Gedung DPR, komplek DPR, Jakarta, Rabu, 5 Juni.

Karena itu, Adita bilang mundurnya Bambang Susantono dari posisi Kepala OIKN dan Dhony Rahajoe dari jabatan Wakil Kepala tidak akan menganggu keberlanjutan proyek perhubungan di IKN, Kalimantan Timur.

“Tidak ada masalah, semuanya sesuai rencana,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa uji coba kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) dapat dilakukan pada Agustus 2024 mendatang, seiring telah selesainya pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat.

Hal tersebut disampaikan Budi usai meninjau lokasi pembangunan kereta otonom atau ART di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Senin, 3 Juni.

Budi pun mengapresiasi Kementerian PUPR yang telah menyelesaikan pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, salah satunya untuk jalur ART.

“InsyaAllah, dengan jalur yang sudah ada, ART bisa diuji coba pada bulan Agustus nanti,” tuturnya dalam keterangan resmi, Senin, 3 Juni.

Tak hanya ART, Budi juga mengungkapkan bahwa bandara Bandara Ibu kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur bisa segera beroperasi. Kata dia, ditargetkan pada 1 Agustus 2024 mendatang.

Kepastian tersebut disampaikan Budi Karya Sumasi usai mengecek progres pembangunan Bandara IKN, Senin, 3 Juni.

Dalam kunjungannya, Budi mengunjungi beberapa titik, seperti lokasi landas pacu dan gedung terminal.

Budi menekankan, progres pembangunan di dua lokasi tersebut dan sejumlah fasilitas lainnya secara garis besar sudah baik dan sesuai rencana.

“Untuk landas pacu dan gedung terminal, perubahannya signifikan dan terlihat jelas, jika dibandingkan saat saya terakhir kali ke sini pada akhir April lalu. Kemajuan ini tentu sangat menggembirakan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin, 3 Juni.

Dia menambahkan, Bandara VVIP IKN akan segera diuji coba pada Juli mendatang dan siap digunakan untuk memperiangati Hari Kemerdekaan Indonesia pada Agustus mendatang.

“Insyaallah, Juli kita uji coba dan siap dioperasikan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti,” katanya.