KPUPR Targetkan Bandara IKN Rampung Juli 2024, Dukung Upacara HUT ke-79 RI
Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga. (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, pembangunan Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal segera rampung. Hal ini untuk mendukung kegiatan pelaksanaan HUT RI Ke-79 di IKN.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga mengatakan, landasan (runway) Bandara VVIP IKN digarap sepanjang 3.000 meter (km). Dari jumlah tersebut, sekitar 90 persen bakal siap digunakan untuk HUT RI ke-79.

"Kalau yang landasan itu panjangnya 3 km, 2.200 meter bisa dipakai di 17 Agustus. (Selesai) Juli untuk dipakai Agustus Insyaallah," ujar Danis saat ditemui wartawan di kantor Kementerian PUPR, Jumat, 26 April.

Danis mengatakan, pembangunan bandara VVIP IKN dikerjakan oleh dua kementerian, yakni Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang fokus membangun gedung terminal bandara.

Sementara Kementerian PUPR fokus pada pengerjaan landasan.

"Terminal itu dikerjakan oleh (Kementerian) Perhubungan. Nah, itu sudah 36 persen lah. Jadi, ada target pada Agustus, ada target di akhir 2024," katanya.

Guna mendukung akses para peserta upacara di HUT RI ke-79, Bandara VVIP di IKN nantinya bakal terintegrasi dengan Jalan Tok Akses IKN Seksi 5B.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara VVIP di IKN bisa diujicobakan pada Juli 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Menhub Budi saat meninjau progres pembangunan Bandara IKN pada Selasa, 23 April.

"Sejauh ini, progres pembangunan Bandara IKN berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Melihat perkembangannya, saya optimis bandara ini dapat diujicobakan pada Juli mendatang," ujarnya.

Dalam peninjauan tersebut, Budi juga mengecek sejumlah lokasi. Salah satunya titik yang akan menjadi runway.

"Tadi saya melihat ada satu pekerjaan soil improvement (perbaikan tanah) di beberapa lokasi runway. Secara garis besar, pengerjaannya sudah bagus," tuturnya.

Menurut Budi, pembangunan Bandara IKN dikerjakan dengan sangat serius. Semua pekerja bekerja secara intensif demi memastikan proyek tersebut dapat selesai tepat waktu.

Budi pun mengapresiasi para pekerja yang telah menjaga kelestarian alam selama mengerjakan Bandara IKN.

"Saya juga senang karena pengerjaan bandara ini tetap mempertahankan kehijauan alam sesuai instruksi dari Pak Presiden (Joko Widodo)," imbuhnya.