Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Nusantara Sustainability Hub di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada hari ini.

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan dibangunnya Nusantara Sustainability Hub hasil kerja sama PT Pertamina dan Bakrie Group akan menarik perusahaan lainnya untuk berinvestasi di IKN.

"Saya sangat mengapresiasi, sangat menghargai dibangunnya Nusantara Sustainability Hub oleh kerja sama PT Pertamina dan PT Bakrie dan juga perusahaan lainnya. Nantinya, ini akan menarik perusahaan-perusahaan yang lain, universitas yang lain untuk bisa bekerja sama di sini," ujar dia seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 5 Juni.

Jokowi berharap, pembangunan Nusantara Sustainability Hub ini bisa menjadi sebuah showcase serta riset negara dan pengembangan ekonomi-ekonomi baru, utamanya ekonomi hijau di Tanah Air.

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini peletakan batu pertama groundbreaking Nusantara Sustainability Hub secara resmi saya nyatakan dimulai," tuturnya.

Pada kesempatan sama, CEO dan President Director PT Bakrie and Brothers Tbk Anindya Novyan Bakrie menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah diberikan kesempatan untuk bekerja sama dengan Pertamina untuk membangun Nusantara Sustainability Hub di IKN.

"Kami sangat bersyukur diberikan kesempatan bersama mitra kami Pertamina. Ini semua pak presiden dimulai dari sebuah mimpi dan ide yang terinspirasi dari ide besar bapak bahwa IKN ini bukan saja suatu gedung fisik tapi ini suatu perubahan mindset cara berpikir, gaya hidup bahkan peradaban," tuturnya.

"Inilah yang membuat kami berpikir dan bermimpi ke depan pak presiden bahwa kenapa tidak IKN ini salah satunya bisa menjadi kota digital ramah lingkungan (green silicon valley)," sambungnya.

Anindya berharap, adanya pembangunan Nusantara Sustainability Hub ini akan menjadikan IKN sebagai kota yang adil dan berkelanjutan di masa mendatang.

"Jadi, kalau silicon valley adalah kiblat daripada teknologi abad 20, di sinilah kiblat daripada abad 21. Pak presiden kami merasa bahwa bukan saja pertumbuhan yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat luas, tapi juga adil dan berkelanjutan," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyebut, pembangunan Nusantara Sustainability Hub bertujuan untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi Indonesia.

"Bukan hanya sekedar fisik yang kami bangun, namun kami ini sedang mulai melakukan tahapan untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi Indonesia," ungkapnya.