Bagikan:

JAKARTA - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengundurkan diri di tengah rencana kegiatan peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap keenam yang akan dilakukan pada 4-5 Juni 2024.

Sebelum menjadi Kepala OIKN sejak 2022 silam, Bambang dikenal sebagai pakar di bidang transportasi.

Berdasarkan penelusuran VOI di akun LinkedIn resminya, Senin, 3 Juni, dia mengawali karier di bidang transportasi.

Dia pernah menduduki posisi Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI).

Lulusan Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) 37 tahun silam ini awalnya bekerja di Departemen Pekerjaan Umum.

Pada tahun 1996, Bambang meraih gelar master tata kota dan wilayah di Universitas California, Berkeley dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,7.

Dengan keahlian tersebut, Bambang juga sempat menduduki jabatan sebagai Deputi Menko Perekonomian bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010.

Selanjutnya, Bambang ditunjuk sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014.

Setelah tak menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan, dia fokus berkarier di luar negeri.

Kariernya dimulai saat dirinya dipercaya mengemban jabatan sebagai Vice President Asian Development Bank (ADB) pada Juli 2015-April 2022.

Di ADB, Bambang juga mengawasi pengembangan publikasi dan laporan unggulan ADB tentang indikator pembangunan Asia, outlook pembangunan Asia dan indikator ekonomi. Posisi Bambang di ADB menggantikan Bindu Lohani yang telah memasuki masa pensiun.

Berkat pengalamannya yang mumpuni, Bambang pun dipanggil lagi untuk bekerja di pemerintahan.

Dia dilantik sebagai Kepala OIKN pada 22 Maret 2022.

Bambang memimpin IKN didampingi oleh wakilnya, Dhony Rahajoe.

Namun, usai dua tahun menjabat, Bambang memutuskan mundur dari jabatannya.

Surat pengunduran diri tersebut telah diterima oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Presiden (Jokowi) juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN. Pada hari ini telah terbit Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan juga Bapak Doni Rahayu sebagai Wakil Kepala Otorita IKN," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 3 Juni.

Sementara itu, Jokowi telah menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni menjadi Plt Wakil Kepala Otorita IKN mulai hari ini.