Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkap progres pembangunan bandara Very Very Important Person (VVIP) atau Naratetama Ibu Kota Nusantara (IKN), di Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur.

Budi mengungkapkan bahwa bandara VVIP sudah mulai masuk pada tahap pembangunan atap, sementara untuk landasan pacu atau runway sudah mulai proses pengaspalan.

“Nanti tanggal 5 (Juni) saya ke IKN, saya akan lihat bandara yang sudah mulai naik atap. Runaway-nya sudah mulai diaspal,” katanya saat ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa, 28 Mei.

Lebih lanjut, Budi bilang progres pembangunan bandara tersebut akan digenjot sejalan dengan target pembangunan IKN agar bisa selesai tepat waktu.

“Jadi kita harapkan IKN menjadi kebanggaan bersama,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi berharap agar Bandara IKN dapat rampung sesuai rencana dan dapat digunakan pada upacara 17 Agustus mendatang.

“Kami juga berharap bandara ini cepat selesai, Juli selesai. Kemudian, ketika perayaan 17 Agustus sudah ada yang bisa mendarat di sini, membawa Bapak (Menhub) juga,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Bandara IKN punya luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 ha. Konsep desain terminal bandara ini akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dan berorientasi ramah lingkungan.

Dengan runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, Bandara IKN dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.