Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan progres terkini pembangunan landasan pacu atau runway Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Basuki menyebut, saat ini pembangunan runway Bandara VVIP IKN tersebut sudah mencapai sekitar 2.100 meter (m) dari kebutuhan sepanjang 2.200 m.

"Sekarang sudah 2.100 (meter) lebih panjang landasannya dari yang dibutuhkan 2.200 m. Jadi, saya kira mudah-mudahan sore ini atau malam ini sudah bisa 2.200," ujar Basuki saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 9 September.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN itu menambahkan, bahwa pihaknya juga sudah merampungkan pekerjaan taxiway dan apron bandara beberapa hari lalu.

"Sekaligus di markasnya sudah mulai dibikin tiga hari yang lalu, taxiway-nya juga sudah, apronnya sudah selesai," katanya.

Menurut Basuki, penyelesaian infrastruktur udara itu akan menunjang kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang direncanakan akan berkantor di IKN mulai Jumat, 13 September mendatang.

"Saya kira kalau 17 Agustus yang kemarin (infrastruktur dasar) kami sudah bisa, sekarang ini sudah lebih bisa dan siap. Mudah-mudahan bandara sudah bisa didarati," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan Bandara VVIP di IKN sudah mencapai lebih dari 1.900 m.

Hal tersebut disampaikan Menhub Bud usai mengecek langsung progres pembangunan Bandara VVIP di IKN, Kalimantan Timur, Minggu, 8 September.

"Pembangunan runway per hari ini telah mencapai 1.975 m. Ini masih sesuai target kami. Dalam waktu dekat ini akan rampung hingga 2.200 meter," katanya dalam keterangan resmi, Senin, 9 September.