Bagikan:

YOGYAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek pembangunan bandara very-very important person (VVIP) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Lokasi bandara ini terpaut 15 kilometer dari pusat pemerintahan IKN.

Bandara VVIP IKN dibangun di atas lahan seluas 7.000 meter persegi dan memiliki landasan pacu (runway) berukuran 3000x45 meter. Bandara ini ditargetkan dapat beroperasi penuh pada Desember 2024.

Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini groundbreaking Bandara Ibu Kota Nusantara saya nyatakan dimulai,” ucap Presiden Jokowi di IKN, Rabu, 1 September 2023.

Lantas, apa fungsi bandara VVIP IKN? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Fungsi Bandara VVIP IKN

2. Mendukung mobilitas di IKN

Dalam acara groundbreaking, Presiden Jokowi menyebut pembangunan bandara IKN sangat pentung karena dapat mendukug mobilitas di IKN. Terlebih kegiatan di IKN sudah semakin banyak.

“Kehadiran bandara ini sangat penting mengingat semakin padatnya kegiatan di IKN. Semakin banyaknya mobilitas orang dan juga barang dari dan menuju ke IKN,” ucap Jokowi.

Lebih lanjut, bandara VVIP IKN akan menjadi bandara khusus untuk menopang konektivitas di ibu kota baru tersebut.

“Bandara IKN adalah bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN,” tutur Jokowi.

2. Meningkatkan daya saing dan mendorong pertumbuhan ekonomi

Menurut Presiden Jokowi, hadirnya bandara khusus di IKN akan meningkatkan daya saing di Ibu Kota Nusantara di masa mendatang.

“Ke depan, bandara ini akan membuat kawasan IKN semakin terbuka konektivitas semakin baik dan semakin mudah dijangkau dari manapun. Saya yakin, bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pengembangan potensi di daerah dan akselerasi pembangunan IKN,” kata Jokowi.

3. Melayani pesawat berbadan besar

Telah disinggung di atas bahwa Bandara VVIP IKN bakal memiliki landasan pacu berukuran 3000x45 meter. Artinya, bandara ini dapat melayani pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.

Tak cukup sampai disitu, bandara ini juga akan dilengkapi helipad yang dapat menampung tiga unit helikopter.

Apron Bandara VVIP IKN juga bisa menampung tiga pesawat berbadan besar dan satu pesawat berbadan kecil. Bila hanya pesawat berbadan kecil, bandara ini bisa menampung tujuh unit pesawat.

Dari segi fasilitas, Bandara VVIP IKN dilengkapi parkir GSE, pos pemeriksaan sisi udara, pos jaga, hangar, cargo, catering, DPPU, rumah pompa, STP & WTP, substation powe house, dan bengkel/GSE maintenance.

Disediakan pula tempat ibadah, perkantoran, gedung karantina, kantin, rumah dinas, TPS, meteorologi, EOC, PKP PK, powe house, gardu PLN, dan ATC Tower.

4. Melayani kepentingan pemerintahan

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Udara Very Very Important Person untuk Mendukung Ibu Kota Nusantara, bandara khusus di IKN difungsikan untuk melayani kepentingan pemerintahan di Ibu Kota Nusantara.

Sekedar informasi tambahan, proyek pembangunan bandara VVIP IKN akan mengikuti konsep besar IKN yang berorientasi pada alam dan ramah lingkungan. Desain bandara ini akan menggabungkan unsur kearifan lokal dengan unsur modern, dan melibatkan sejumlah arsitek terkemuka.

Demikian informasi tentang fungsi Bandara VVIP IKN. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.