Bagikan:

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan laporan keuangan Sekretariat Regional Organisasi Internasional Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF) tahun buku 2023 memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Kami mengapresiasi kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran CTI-CFF Regional Secretariat dalam mencapai opini WTP ini. Opini ini menjadi bukti bahwa pengelolaan keuangan organisasi telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku,” ujar Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif sebagaimana dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu.

Laporan hasil pemeriksaan itu diterima oleh Executive Director Sekretariat Regional CTI-CFF Frank Keith Griffin di Kantor Pusat BPK, Jakarta, Senin (20/05).

Pencapaian tersebut dinilai mencerminkan komitmen dan upaya Sekretariat Regional CTI-CFF dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan organisasi.

Dalam kesempatan tersebut, Bahtiar turut menyampaikan poin-poin hasil pemeriksaan kepada manajemen beserta rekomendasi untuk perbaikan tata kelola pengelolaan keuangan.

Sejumlah poin yang disampaikan antara lain mengkaji kemungkinan penerapan International Public Sector Accounting Standards Board (IPSAS), kebijakan dan prosedur terkait pembayaran kontribusi negara anggota yang melewati batas waktu, kejelasan hukum atas penggunaan premise melalui ratifikasi atas host country agreement, hingga peningkatan pada sistem pelaporan keuangan.

Manajemen Sekretariat Regional CTI-CFF yang hadir dalam pertemuan tersebut menyambut baik hasil pemeriksaan BPK dan berkomitmen untuk menyelesaikan rekomendasi tersebut, serta terus meningkatkan tata kelola keuangan Sekretariat Regional CTI-CFF di masa mendatang.

Selain itu, disampaikan juga apresiasi dan ucapan terima kasih atas independensi dan profesionalitas tim pemeriksa serta kerja sama yang baik selama pelaksanaan pemeriksaan.

​​​​​​Sebelumnya, BPK terpilih menjadi pemeriksa eksternal CTI-CFF untuk periode keuangan 1 Januari 2023–31 Desember 2023 pada Kamis, 21 Maret 2024. Surat penunjukan itu disampaikan kepada Ketua BPK Isma Yatun oleh Executive Director CTI-CFF Frank Keith Griffin.

CTI-CFF adalah organisasi internasional yang menjadi wadah kemitraan multilateral dari enam negara yakni Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste. Seluruh negara tersebut bekerja sama menjaga sumber daya laut dan pesisir dengan mengatasi isu-isu penting, seperti keamanan pangan, perubahan iklim, dan keanekaragaman hayati laut.

Saat ini, kantor sekretariat regional CTI-CFF berada di Manado, Sulawesi Utara.

Pada mulanya, BPK mengajukan proposal pencalonan sebagai kandidat pemeriksa eksternal CTI-CFF pada 27 Desember 2023. Pengajuan proposal ini dilakukan dengan mempertimbangkan pengetahuan serta pengalaman BPK sebagai pemeriksa eksternal beberapa organisasi internasional.