Bagikan:

PARIS - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan kunjungan ke Paris, Prancis. Kunjungan Erick ke Paris ternyata untuk menghadiri undangan dari Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

Di Instagram resminya @erickthohir, ia juga terlihat hadir dalam perayaan Anniversary ke-120 FIFA yang berlangsung di Élysée Palace, kediaman Presiden Prancis, Emmanuel Macron pada Selasa, 21 Mei.

“Hari ini saya menghadiri undangan Anniversary ke-120 FIFA di kediaman Presiden Prancis, Emmanuel Macron,” tulis Erick dikutip dari Instagram resminya, Rabu, 22 Mei.

Pada pertemuan tersebut, Erick bersama Presiden FIFA Gianni Infantino dan para tokoh sepak bola lainnya berdiskusi tentang kekuatan sepak bola untuk mempersatukan seluruh masyarakat di dunia.

“Suatu kehormatan bisa menghadiri peringatan 120 tahun FIFA di Istana Elysée, Paris, Prancis. Acara ini dipimpin Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden FIFA Gianni Infantino,” tuturnya.

Erick mengatakan bahwa peringatan 120 tahun FIFA di Istana Elysée ini mengingatkan kembali kepada sejarah sepak bola Indonesia, ketika Indonesia menjadi negara Asia pertama yang mengikuti Piala Dunia 1938 di Prancis, dengan nama Hindia Belanda.

“Prancis jadi tempat spesial untuk sepak bola Indonesia sat menjadi host Piala Dunia 1938. Saat itu, Indonesia yang bernama Hindia Belanda menjadi negara pertama dari Asia yang ikut Piala Dunia,” jelasnya.

Terpisah, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan, kunjungan Erick Thohir ke Eropa bukan sebagai Menteri BUMN, melainkan fokus pada bidang sepak bola.

Arya menambahkan, Erick juga menyambangi Inggris dan Prancis pada pekan ini untuk keperluan terkait sepak bola.

“Jadi Pak Erick di Eropa itu saat ini untuk bola saja, bukan urusan BUMN. Jadi dia ke London dan Paris kemarin itu memang terkait bola, dan di Paris itu kan ada undangan dari FIFA,” kata Arya kepada VOI.