Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan hari ini, Selasa 21 Mei, setelah kemarin ditutup turun 0,69 persen ke level 7.266.691.

Phintraco Sekuritas mengatakan HSG ditutup pullback pada penutupan perdagangan Senin dengan koreksi 0,69 persen ke level 7.266. Secara teknikal, menurutnya terdapat potensi death cross di overbought area pada Stochastic RSI serta MACD yang cenderung sideways.

"Dengan demikian, IHSG berpotensi melemah terbatas pada pivot area 7.250 di Selasa," jelas riset Phintraco Sekuritas.

Lebih lanjut, menjelang FOMC Minutes pada Kamis 23 Mei, terdapat sejumlah pidato dari beberapa pejabat the Fed, salah satunya Raphael Bostic pada Selasa 21 Mei. Adapun statement terakhir dari Bostic pada Kamis 16 Mei cenderung menyambut baik rilis data inflasi yang mengalami perlambatan lebih dari perkiraan di pekan lalu dan memperkirakan bahwa tren tersebut akan berlanjut, sehingga membuka potensi penurunan suku bunga menjelang akhir tahun.

"Sementara di hari yang sama, juga terdapat pidato dari Menteri Keuangan AS Janet Yellen," jelas Phintraco Sekuritas.

Selain itu di Eropa, investor menanti rilis data Producer Price Inflation (PPI) MoM bulan April 2024 yang diperkirakan melambat di level 0,1 persen MoM dari yang sebelumnya 0,2 persen MoM di Maret 2024. Adapun PPI pada Maret 2024 menunjukkan peningkatan pasca mengalami kontraksi di level -0.4 persen pada Februari 2024.

"Terdapat juga rilis data European Union Balance of Trade yang diperkirakan meningkat sebesar 30,2 miliar dolar AS pada Maret 2024 dari yang sebelumnya sebesar 29,5 miliar dolar AS pada Februari 2024," jelas Phintraco Sekuritas.

Dengan sejumlah sentimen tersebut. Phintraco Sekuritas merekomendasikan untuk mencermati saham UNTR, MEDC, EXCL, ADMR, dan ELSA.