Bagikan:

YOGYAKARTA - Aktiva jaminan merupakan sebuah aset yang berguna dalam teransaksi. Yuk kita pelajari pengertian aktiva jaminan!

Pasalnya, aktiva jaminan sendiri merupakan aset yang bisa memberi manfaat dalam kegiatan pinjam dan meminjam. Nantinya, proses kredit bakal jauh lebih mudah dan ringan dengan memakai aktiva tersebut.

Pemberi pinjaman pun juga dapat memperoleh jaminan atas beberapa dana yang diberikannya kepada debitur.

Tetapi, butuh diketahui kalau pemakaian aktiva jaminan mempunyai resiko untuk masing-masing pihak. Oleh sebab itu, kalian perlu menguasai kelebihan serta kekurangannya.

Pengertian Aktiva Jaminan

Aktiva jaminan merupakan aset berharga kepunyaan peminjam yang diserahkan selaku jaminan kepada pemberi pinjaman buat mengamankan utangnya.

Dalam perihal ini, berarti jaminan tersebut merupakan agunan yang bakal dipegang oleh kreditur selaku imbalan atas dana yang dipinjamkan.

Tidak hanya itu, aktiva jaminan merupakan perihal yang bisa digunakan buat menolong mengurangi uang muka ataupun beban bayaran dalam transaksi pinjaman.

Contoh Aset yang Bisa Dijadikan Aktiva Jaminan

Ada beberapa ketentuan yang perlu dipenuhi oleh aset-aset peminjam buat dapat diucap selaku agunan. Adapun ketentuan yang jadi kriteria buat aset supaya bisa dijadikan selaku aktiva jaminan yaitu selaku berikut:

  • Mempunyai nilai ekonomi, yaitu bisa diganti dengan duit serta berharga
  • Tipe aset bisa dijadikan aktiva pinjaman
  • Tipe aset aktiva jaminan yaitu berwujud ataupun tidak berwujud
  • Kepemilikan aset gampang dipindahtangankan
  • Kreditur mempunyai hak buat mewujudkan agunan serta secara hukum dapat memilikinya secara langsung

Contoh aset-aset yang dapat digolongkan dalam aktiva jaminan yaitu selaku berikut:

I. Kendaraan Bermotor serta Mobil

Bila Kalian mengajukan kredit serta bimbang memilah aset yang bisa digunakan buat jaminan, maka kendaraan dapat dipilih selaku opsinya.

Kendaraan bermotor ataupun mobil ini pun juga wajib lengkap, mulai dari BPKB ataupun bukti kepemilikan, STNK, serta kuncinya.

II. Kapal serta Pesawat

Kapal serta pesawat pula sering dijadikan selaku aktiva jaminan buat pinjaman, terutama oleh pelakon usaha tertentu yang memerlukan tambahan modal usaha.

Tetapi, buat ketentuannya sendiri, kapal serta pesawat aktiva jaminan yaitu yang mempunyai berat kotor maksimum 20 m kubik serta total keseluruhan volume minimum 20 m kubik.

III. Emas sebagai Jaminan

Contoh pertama aset yang dapat digunakan selaku aktiva jaminan yaitu emas. Walaupun tidak bisa digunakan pada bank konvensional, emas dapat jadi jaminan dalam pinjaman syariah.

Buat alternatif yang lain, emas pula dapat digadaikan dengan mengikuti sistem gadai dari pemberi pinjaman yang bersangkutan.

IV. Tanah

Contoh aset selanjutnya yang dapat dijadikan aktiva jaminan yaitu tanah. Tanah sendiri lumayan diperhitungkan oleh pihak pemberi pinjaman.

Alasannya, peningkatan harga tanah tiap tahunnya lumayan menjanjikan. Walaupun terdapat inflasi maupun depresiasi, aset tanah senantiasa diminati banyak orang.

V. Saham

Saham pula ialah peninggalan yang bisa digunakan selaku jaminan dalam transaksi pinjaman.

Supaya pihak perbankan bisa berikan pertimbangan upayakan buat memilah saham-saham dari perusahaan ternama yang masih aktif.

VI. Jaminan Deposito

Contoh tipe aset lainnya yang bisa dipergunakan selaku aktiva jaminan yaitu deposito. Peninggalan ini sering dimanfaatkan buat mengajukan pinjaman multiguna.

Karena, deposito lebih efektif serta maksimal. Tetapi, perlu diketahui kalau tidak semua bank bakal menerima jaminan deposito.

VII. Bangunan ataupun Properti

Contoh aset berikutnya yang dapat dijadikan aktiva jaminan yaitu bangunan serta properti, semacam rumah, apartemen, gudang, pabrik, maupun hotel.

Ada pula nilai bangunan serta properti tersebut nantinya bakal disesuaikan dengan keadaan aset serta kelilingnya.

Bila kondisinya baik, bisa jadi pinjaman yang dapat diberikan buat 2 hingga 10 tahun bisa menggapai miliaran.

VIII. Mesin Pabrik

Mesin pabrik merupakan salah satu aset yang bisa bermanfaat selaku agunan dalam transaksi pinjaman.

Adapun buat mesin pabrik ini wajib sudah penuhi teknis serta keadaan tertentu terlebih dahulu.

Selain itu kalian perlu mengenali jenis-jenis dan tau apa “Perbedaan Aktiva dan Pasiva dalam Laporan Keuangan Perusahaan”.

Jadi setelah mengetahui apa pengertian aktiva jaminan, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!