Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sebagai bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 bakal tersambung penuh pada semester I-2024.

Staf Ahli Menteri Bidang Keterpaduan Pembangunan Kementerian PUPR Maulidya Indah Junica mengatakan, saat ini progres pekerjaan fisik dari tol tersebut telah mencapai 94,29 persen. Sementara, untuk progres lahannya telah mencapai 98,47 persen.

"Tol Cimanggis-Cibitung yang juga telah digunakan untuk arus mudik dan balik (Lebaran 2024)," ujar Maulidya dalam acara Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN di Hotel Park Hyatt, Jakarta, dikutip Rabu, 15 Mei.

Tak banyak informasi yang disampaikan oleh Maulidya terkait progres tol tersebut. Namun berdasarkan data paparan yang disampaikan, Tol Cimanggis-Cibitung ditargetkan dapat rampung pada semester I tahun ini.

Di samping itu, Maulidya menyebut ada dua ruas tol lainnya juga yang ditargetkan dapat rampung pada semester I-2024, yakni Tol Kisaran-Tebing Tinggi dan Tol Sigli-Banda Aceh.

Untuk Tol Kisaran-Tebing Tinggi kini progres pekerjaan fisiknya telah mencapai 100 persen. Sedangkan, Tol Sigli-Banda Aceh telah mencapai 90,97 persen.

Adapun dari total 26,18 kilometer (km) Tol Cimanggis-Cibitung, saat ini yang sudah beroperasi adalah seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya sepanjang 3,17 km dan seksi 2A Jatikarya-Cikeas 3,78 km. Secara keseluruhan, tol ini diharapkan dapat beroperasi pada semester I-2024 mendatang.