Proyek Tol Cimanggis-Cibitung Capai 82,67 Persen, Ditargetkan Rampung di Kuartal II 2024
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan, jalan Tol Cimanggis-Cibitung sebagai bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, bakal rampung pada kuartal II 2024.

Melalui unggahan di akun Instagram resmi @kemenpupr, progres jalan Tol Cimanggis-Cibitung kini telah mencapai 82,67 persen dan nantinya akan terhubung dengan sejumlah ruas tol di kawasan Jabodetabek.

"Dengan progres konstruksi 82,67 persen, jalan tol ini ditargetkan selesai pada kuartal II 2024," demikian bunyi keterangan PUPR, pada Senin, 29 Januari.

Adapun jalan tol sepanjang 19,65 kilometer (km) itu nantinya juga terkoneksi dengan kawasan industri, seperti di Cikarang dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Sehingga, diharapkan jalan tol ini dapat meningkatkan kelancaran mobilitas serta pergerakan komuter dan logistik, terutama menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.

"Kementerian PUPR terus melanjutkan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung (19,65 km)," tambahnya.

Kemudian, jalan Tol Cimanggis-Cibitung tersebut juga akan menjadi akses penghubung dari Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi dan menghubungkan 5 ruas tol yang tergabung dalam Tol JORR 2.

Diketahui, dari total 26,18 km Tol Cimanggis-Cibitung, saat ini yang sudah beroperasi adalah seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya sepanjang 3,17 km dan seksi 2A Jatikarya-Cikeas 3,78 km.

Kehadiran Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan menambah kapasitas jalan di Kota Depok, Bekasi, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bekasi.