Jaringan Tol JORR II akan Tersambung Seluruhnya di Akhir 2023
Jalan tol (Foto: dok antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR menyebut, seluruh ruas jaringan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II akan tersambung pada akhir 2023 ini.

"Kami sambungkan ke JORR II akhir tahun ini," kata Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian saat ditemui usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, pada Rabu, 6 September.

Hedy menyebut, sejumlah ruas tol yang merupakan bagian dari jaringan JORR 2 adalah Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Cinere-Pamulang telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada Mei 2023 lalu.

Sedangkan, progres Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B telah mencapai 95,66 persen dan ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Sementara itu, untuk ruas Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Cikeas-Cibitung, sebagai bagian dari jaringan JORR II juga ditargetkan selesai pada tahun ini, dengan progres konstruksi mencapai 73,8 persen.

"Ditargetkan selesai tahun ini," ujar Hedy.

Sekadar diketahui, Jaringan Tol JORR II terdiri dari enam ruas tol, yakni Jalan Tol Kunciran-Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong-Cinere (10,14 Km), Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (26,18 Km), dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (34,02 Km).

Kehadiran jalan Tol JORR II ini tidak hanya memperkuat aksesibilitas, efisiensi transportasi, dan mengurangi angka kemacetan, namun juga memicu pertumbuhan ekonomi dan membuka peluang bisnis baru di wilayah sekitarnya.