Bagikan:

JAKARTA - Ikatan Alumni Britania Raya (IABA) telah menyelenggarakan, sebuah forum diskusi high level dengan tema Alumni UK Bersinergi untuk Negeri untuk mendapatkan pandangan yang komprehensif terhadap perkembangan SDM Indonesia.

Forum ini diselenggarakan di Auditorium LSPR Institute of Communication & Business, Jakarta dan juga dimanfaatkan untuk Halal Bihalal Alumni UK setelah merayakan Idulfitri 1445 Hijriah yang menghadirkan jajaran Dewan Eksekutif IABA, jajaran Dewan Penasihat IABA, dan sekitar 150 alumni yang pernah mengenyam pendidikan di Inggris Raya.

Adapun dalam forum ini, terdapat 2 sesi talkshow dimana talkshow pertama yang dimoderatori oleh Sekretaris Jenderal IABA 2021-2024 Zefanya Angeline untuk mendiskusikan mengenai tantangan yang dihadapi oleh para alumni UK serta solusinya.

Sementara pada talkshow sesi kedua dimoderatori oleh Presiden IABA 2021-2024 Redha Bhawika Putra yang menghadirkan para pemimpin organisasi diaspora yang ada di Indonesia untuk memberikan pandangan mengenai permasalahan bangsa dan aksi-aksi yang sudah mereka lakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, terutama masalah peningkatan kualitas SDM Indonesia.

Pada talkshow sesi pertama ini menghadirkan 4 pemimpin organisasi alumni UK, yaitu President the University of Oxford Alumni Society of Indonesia (OXSI) Teddy Tjandra, Ketua LSE Alumni Association Indonesia Fauzi Ichsan, Ketua University of Birmingham Alumni Redita Aliyah dan Presiden IABA Sumut (Sumatera Utara) Deni A. Purba

Sementara pada talkshow sesi kedua menghadirkan narasumber yaitu Presiden Chevening Alumni Association Indonesia (CAAI) Nadhila Renaldi, Ketua Mata Garuda 5.0 (organisasi alumni penerima beasiswa LPDP Kementerian Keuangan) Leonardo Gavaza, Dewan Presidium Alumni Connect PPI Dunia Muhammad Dhafi Iskandar dan Leadership Council/ Board Member of GIPA (Global Indonesian Professional’s Association) Hilmi H Kartasasmita.

Dewan Penasihat IABA Siddharta Moersjid dan Prita Kemal Gani, memberikan apresiasi tinggi bagi generasi muda dari penyelenggara yang memiliki semangat dan pemikiran kritis terhadap perkembangan SDM Indonesia dengan membuat forum ini sebagai media diskusi yang konstruktif.

Selain itu, Beliau juga menggarisbawahi pentingnya kolaborasi dari berbagai pihak dalam mendapatkan kemajuan dalam peningkatan kualitas SDM di Indonesia.

Presiden IABA 2021-2024 Redha Bhawika Putra menyampaikan selama 2 tahun IABA telah melaksanakan 63 kegiatan dalam 24 bulan ini yang memiliki tujuan untuk mengakselerasi kolaborasi dari berbagai tujuan baik yang dimiliki oleh masing-masing individu alumni di berbagai sektor dan industri di Indonesia.

"Kolaborasi ini juga diharapkan akan tercapai di berbagai provinsi di Indonesia yang dimulai dengan terbentuknya IABA Cabang Sumatera Utara sebagai cabang pertama di luar Jakarta," jelasnya dalam keterangannya, Rabu, 1 Mei.

Ketua Panitia Penyelenggara Muhammad Zhafara Nirwana Dekri Putra menyampaikan bahwa acara ini dibuat karena rasa syukur yang dirasakan olehnya sebagai bagian kecil dari masyarakat yang pernah mendapatkan pendidikan tinggi di Inggris Raya.

Zhafara menyampaikan bahwa ingin bisa memberikan kesempatan seluas-luasnya atau memberikan kualitas pendidikan sebaiknya-baiknya untuk seluruh masyarakat Indonesia dan mendorong adanya aksi kolaborasi dari para pimpinan organisasi yang diundang untuk dapat menyatukan kekuatan mencapai tujuan tersebut.