Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan menyalurkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 147 rumah tidak layak huni di Provinsi Papua.

Totalnya, ada empat kecamatan di Kota Jayapura yang mendapatkan program BSPS Kementerian PUPR 2023 tersebut.

"Sebagai bagian dari pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun 2023, sebanyak 147 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Jayapura mendapatkan BSPS dari Kementerian PUPR," demikian bunyi keterangan Kementerian PUPR dikutip dari akun Instagram resminya @kemenpupr, Selasa, 30 April.

Dalam program ini, masing-masing penerima bantuan mendapatkan dana sebesar Rp23,5 juta untuk merehabilitasi rumahnya. "Rumah-rumah tersebut kini sudah direhab menjadi layak huni," ujarnya.

Rinciannya, untuk Kecamatan Abepura di Desa Wahno ada 36 unit rumah yang telah diperbaiki. Lalu, di Kecamatan Jayapura Selatan yang tersebar di Desa Ardipura, Entrop dan Argapura, sebanyak 41 rumah yang direhabilitasi.

Kemudian, di Kecamatan Jayapura Utara yang berada di Desa Tanjung Ria, Mandala, Trikora, Bhayangkara dan Gurabesi, ada sebanyak 41 unit rumah yang diperbaiki. Selanjutnya, di Kecamatan Heram, tepatnya di Desa Waena, yakni ada 29 unit rumah yang direhabilitasi.

"Kementerian PUPR akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah sebagai pengusul masyarakat yang berhak mendapatkan BSPS dan pihak swasta melalui program CSR serta Baznas, agar lebih banyak masyarakat yang mendapatkan BSPS tersebut," tuturnya.

Sementara itu, salah satu warga setempat bernama Patius Tabuni mengaku, sangat bersyukur bisa mendapatkan Program BSPS dari Kementerian PUPR.

"Kini saya dan keluarga bisa memiliki rumah yang layak huni. Saya harap, Program BSPS ini terus dilanjutkan karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan rumah layak. Terima kasih Kementerian PUPR," imbuhnya.