Pelindo Papua Perluas Area Pelabuhan Jayapura untuk Wujudkan Penggunaan Garbarata
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia Regional 4 Cabang Jayapura, Papua melakukan perluasan area pelabuhan setempat untuk mewujudkan penggunaan garbarata, sehingga memudahkan penumpang naik dan turun di wilayah ini.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Cabang Jayapura I Nengah Suryana Jendra, di Jayapura, Senin 29 April, mengatakan saat ini kendala terbesar yang dihadapi pihaknya adalah kondisi lahan pelabuhan yang terbatas.

"Untuk itu kami melakukan perluasan area Pelabuhan Jayapura, sehingga penggunaan garbarata dapat diterapkan," katanya, dilansir Antara.

Menurut Suryana, dengan keterbatasan lahan yang ada, selalu menjadi tugas bagi pihaknya setiap kali ada kapal penumpang yang masuk di Pelabuhan Jayapura selalu padat.

"Sehingga kami berencana untuk memperluas area, yang mana gudang di area Pelabuhan Jayapura akan dibongkar agar menjadi lebih luas," ujarnya.

Dia menjelaskan, bahkan untuk Kantor Pelindo Jayapura yang saat ini berada di dalam area Pelabuhan Jayapura, juga akan dibongkar untuk menambah perluasan dermaga bagi para penumpang, dengan begitu penggunaan garbarata dapat dilakukan.

"Kami tahu bersama bahwa setiap kali kapal masuk macet yang luar biasa, untuk itu berbagai upaya akan dilakukan guna meningkatkan pelayanan kepada para penumpang di Pelabuhan Jayapura," katanya lagi.

Dia menambahkan, untuk lini satu khususnya kegiatan operasional harus ada perkantoran, yang ada hanya aktivitas penumpang serta bongkar muat saja.

"Dengan begitu pelabuhan aktivitas para penumpang lebih luas, sehingga masyarakat lebih nyaman, penataan pelabuhan serta penggunaan garbarata lebih maksimal," ujarnya lagi.