Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan proyek Bendungan Budong-Budong di Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Proyek ini merupakan bendungan pertama yang dibangun Kementerian PUPR di daerah tersebut.

"PSN yang saat ini tengah dikerjakan Kementerian PUPR adalah Bendungan Budong-Budong. Ini merupakan bendungan pertama di Sulawesi Barat, lho!" demikian bunyi keterangan PUPR dalam unggahan di akun Instagram resminya @kemenpupr, dikutip Selasa, 23 April.

Setidaknya ada empat manfaat yang diberikan dengan dibangunnya bendungan tersebut. Pertama, mendukung pembangunan daerah irigasi (DI) Budong-Budong seluas 3.577 hektare (ha).

Kedua, menjadi penyedia air baku berkapasitas 410 liter per detik. Ketiga, mereduksi debit banjir hingga 60 persen.

Terakhir atau keempat adalah Bendungan Budong-Budong berpotensi menjadi pembangkit listrik tenaga mikrohidro.

Adapun Bendungan Budong-Budong ini ditargetkan rampung pada Desember 2024 mendatang. "Doakan pembangunannya lancar, ya, Sahabat!" imbuhnya.

Sekadar informasi, pembangunan Bendungan Budong-Budong merupakan bagian dari proyek pembangunan 61 bendungan dari 2015 hingga 2025 yang akan menambah jumlah tampungan air yang dibangun Kementerian PUPR dalam mendukung ketahanan pangan dan air di Sulawesi Barat.