Kementerian PUPR Targetkan 19 Bendungan Rampung Tahun Ini
ILUSTRASI/Bendungan Sukamahi Jabar/DOK IST

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan ada sebanyak 19 bendungan yang akan rampung pada tahun ini.

"(Ada) 19 bendungan yang ditargetkan selesai tahun ini," demikian keterangan Kementerian PUPR dikutip dari akun Instagram resminya @kemenpupr, Sabtu, 27 April.

Sebanyak 19 bendungan tersebut, antara lain Bendungan Keureuto dan Rukoh di Aceh, Bendungan Lausimeme di Sumatera Utara, Bendungan Tigadihaji di Sumatera Selatan dan Bendungan Margatiga di Lampung.

Berikutnya, Bendungan Leuwikeris dan Bener di Jawa Barat, Bendungan Jlantah dan Jragung di Jawa Tengah dan Bendungan Bagong di Jawa Timur.

Kemudian, Bendungan Sidan di Bali, Bendungan Meninting di Nusa Tenggara Barat, Bendungan Manikin dan Temef di Nusa Tenggara Timur serta Bendungan Marangkayu di Kalimantan Timur.

Selanjutnya, ada Bendungan Bulango Ulu di Gorontalo, Bendungan Budong-Budong di Sulawesi Barat, Bendungan Pamukkulu di Sulawesi Selatan dan Bendungan Way Apu di Maluku. 

Adapun Kementerian PUPR tengah membangun 28 bendungan untuk mendukung terciptanya ketahanan air dan pangan di Indonesia.

"Bendungan tersebut meliputi dua bendungan baru, tujuh bendungan yang tengah dibangun (on going) dan 19 bendungan yang ditargetkan selesai tahun ini," imbuhnya.